Jaga Wudhu dan Pahami Manfaatnya

0
962
Ilustrasi

Beritalangitan.com – Wudhu adalah salah satu perintah Allah yang wajib dilakukan oleh umat Islam sebelum melakukan ibadah. Tujuan dari wudhu ini untuk mensucikan diri dari hadast atau kotoran yang menempel pada tubuh. Cara wudhu ini pun juga bermacam-macam, namun yang paling disarankan adalah dengan menggunakan air yang suci. Maksud dari suci ini adalah air bersih yang tidak mengandung rasa, tidak berbau dan tidak berwarna. QS Al-Ma’idah ayat 5 sudah menjelaskan dengan gamblang bahwa setiap muslim yang akan beribadah kepada Allah haruslah berwudhu atau bersuci.

Mengesampingkan maksud dan tata cara berwudhu ini, ada banyak sekali manfaat yang diberikan. Berikut adalah keajaiban wudhu yang perlu anda tahu!

Menjaga Kesehatan Syaraf

Seorang ahli neurologi, Prof. Leopold Werner von Ehrenfels menjelaskan bahwa pusat syaraf terletak pada dahi, kaki dan tangan. Pusat syaraf ini sangat sensitif dengan air segar. Untuk itu, beliau menganjurkan setiap orang bahkan non muslim melakukan wudhu agar kesehatan sistem syaraf terjaga. Dalam fiqih Islam pun, wudhu bertujuan untuk menenangkan jiwa dan menjaga kesehatan jasmani. Karena keajaiban wudhu ini, profesor dan ahli neurologi tersebut memeluk agama Islam kemudian mengganti namanya dengan Baron Omar Rolf von Ehrenfels.

Untuk mensucikan diri

Beraktifitas di luar cenderung meninggalkan kotoran sehingga tubuh perlu sekali dibersihkan secara singkat. Wudhu merupakan alternatif yang paling diwajibkan di dalam Islam. Selain karena agar badan bersih, wudhu ternyata mampu membuat pikiran rileks. Tidak hanya itu, wudhu bisa menjaga kesehatan dan kebersihan tangan dan kaki anda mulai dari kuku hingga siku. Daerah ini adalah anggota tubuh yang paling sering terkena kotoran dan rentan membawa penyakit.

Menyegarkan Tubuh

Keajaiban wudhu bagi kesehatan jasmani dan rohani yang lainnya adalah membuat badan segar. Terlebih di terik matahari saat anda bekerja, berwudhu bisa menyegarkan mata anda. Setelah kesegaran tubuh anda dapatkan, anda bisa berkonsentrasi mengerjakan tugas anda sehingga aktifitas menjadi lancar.

Mencerahkan wajah

Benarkah dengan berwudhu anda bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah? Tentu saja, Wudhu tidak hanya membersihkan wajah dari kotoran, namun juga mencerahkan wajah. Saat anda merasa rileks dan tenang, aura wajah akan berubah lebih baik. Ingat, stress selalu membuat anda nampak lebih tua, dan wudhu membantu anda mengatasi hal ini.

Menjaga kesehatan telinga dan mulut

Makanan merupakan sumber utama bakteri yang bersarang di dalam mulut. Secara tidak sadar kita sering mengunyah makanan sambil beraktifitas. Hal ini bisa mengganggu kesehatan mulut. Dengan berwudhu, kita selalu melakukan aktifitas berkumur. Ini akan membantu menjaga gigi agar tetap bersih dan sisa-sisa kotoran yang menempel di sela gigi ikut hilang. Tidak hanya itu, telinga kita juga akan bersih dengan cara berwudhu. Tahukah anda, bahwa telinga selalu mengeluarkan kotoran sendiri tanpa harus menggunakan alat pembersih? Ya, sekarang banyak sekali dokter telinga yang melarang pasiennya membersihkan telinga menggunakan cutton bud. Namun, ketika kita membiarkan telinga membersihkan diri, kita akan mendapat lubang telinga sedikit kotor dan ada cairan lengket. Gerakan wudhu yang mengharuskan kita membersihkan telinga membuat kita senantiasa bersih secara jasmani. Secara rohaninya, maksud dari membersihkan telinga dengan gerakan memutar searah jarum jam ini adalah untuk membersihkan telinga dari tindakan yang kurang baik seperti membersihkan diri dari pendengaran yang seharusnya kita dengarkan. (st)

Sumber: muslimah.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.