Makna Pertemanan

0
2999
Ilustrasi (anneahira.com)

Oleh : Rofi Arifillah*

Beritalangitan.com – Setiap manusia di muka bumi ini tentu mempunyai teman atau kawan. Di setiap jenjang usia mulai dari kanak-kanak sampai berusia senja sekalipun pastinya manusia membutuhkan teman untuk mengisi dan mengiringi langkah hidup manusia.

Bahkan tidak sedikit yang ikut andil dalam mewarnai hitam putih kehidupan manusia.

Oleh karenanya Islam sebagai agama yang sempurna mengatur kehidupan manusia dalam hal berteman, berteman bukan hanya berteman tentunya pertemanan yang dilandasi nilai ibadah.

Maka yang jadi pertanyaan adalah bagaimana pertemanan yang bernilai ibadah tersebut ?

Hal yang pertamakali harus diperhatikan oleh manusia jika ingin mendapatkan nilai ibadah dalam pertemanannya adalah setiap manusia harus bisa memilih teman seperti apa yang akan membawa kepada kemashlahatan dan berujung nilai ibadah.

Karena pada hakikatnya umat manusia menjalin suatu perteman dengan tujuan kemashlahatan dirinya sendiri bukan untuk kemadharatan ataupun membawa pada hal yang dapat mencelakai diri.

Para ulama ahli Hukamaa menjelaskan bahwa ada tiga keriteria seorang teman yang inshaAllah akan membawa kepada kemashlahatan, ketiga kriteria tersebut yakni:

  1. Man badala ahsana ilaika”

Kriteria yang pertama adalah teman yang tidak henti – hentinya berbuat baik kepada kita

  1. “Waatba’u ni’matu ilaika”

kriteria yang kedua adalah teman yang memberikan segala kenikmatan kepada kita dalam arti teman seperti ini selalu berbagi kepada kita akan kenikmatan yang dia miliki.

  1. La yuftahu ‘aibaika”

Kriteria yang terakhir adalah teman yang selalu menutupi aib diri kita.

Maka jika manusia ingin menjalin pertemanan yang bernilai ibadah di tuntut untuk mencari seorang teman yang dapat membawa manusia kepada kemashlahatan, tentunya yang sesuai dengan tiga kriteria diatas, minimal salah satu dari ketiga kriteria di atas haruslah dimiliki oleh seseorang yang akan kita jadikan teman kita. Jika seseorang yang kita jadikan teman tidak termasuk kedalam kategori diatas atau salahsatunya maka orang tersebut bukan teman yang membawa kemashlahatan.

*KSPP (Kontributor Sukarelawan Press Pesantren) Priyangan Timur (Ponpes Hudan – Garut)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.