Istiqamah Dalam Ibadah Bagi si Sakit

0
482

beritalangitan.com–Ibadah dilakukan secara optimal sesuai aturan, dilandasi dengan keikhlasan akan sangat berdampak baik bagi kesehatanfisik dan mental dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Ibadah tersebut merupakan”vaksin” dari virus-virus kebathilan, baik dengan puasa, shalat, dzikir, berdoa dan lainnya.

Ada beberapa cara yang Rasulullah ajarkan kepada kita, sebagai salahsatu cara muslim dalam menjaga kesehatan tubuhnya, guna menopang fisik agar senantiasa berjalan dan bergerak dalan garis ibadah yang telah Allah perintahkan kepada makhluknya. berikut diantaranya;

  1. Memperbanyak wirid, dzikir, dan membaca Al- Qur’an

Dari Saad bin Abi Waqas ia berkata, Rasulullah bersabda, ” Doa Zunnub Nabi Yunus  ketika berada dalam perut ikan :

“La ilahaha illa anta subhanaka inni kuntum ninad dzolimin” 

“Tiada Tuhan selain engkau, maha suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berbuat dzalim” (al-Anbiya 21:87)

2. Membaca Basmalah sebelum makan

Rasulullah bersabda : “Setiap perkara yang penting jika tidak dimulai dengan bismillah, maka perkara itu tidak ada berkahnya.” 

3. Banyak bersedekah

Sebagaiman hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Daud bahwa;

“Peliharalah harta bendamu dengan cara mengeluarkan zakat. Dan obatilah penyakitmu dengan bersedekah. dan hadapilah bertubi-tubi cobaan dengan doa merendahkan diri kepada Allah.”

4. Jangan datangi dukun dan tukang ramal

Diharamkan mendatangi para tukang sihir, dukun dan tukang ramal atau mendatangi orang yang mengetahui hal hal yang gaib karena mereka adalah pembohong. Sebagaimana firman Allah:

“Katakanlah: “Tidak ada seorangpun dilangit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah” Q.S An Naml (27);65

Selain daripada anjuran Rasulullah diatas, kita juga harus senantiasa menyadari bahwa Tubuh yang ada pada diri kita ini adalah sebuat titipan dari Ia yang amat mencintai kita, yang harus senantiasa di jaga dan dirawat. Hingga suatu saat nanti kita akan mengembalikannya dalam keadaan baik pula.

Dikutip dari buku Sakit Itu Ibadah (Khaifa Islamadina)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.