Pohon tak Berbuah

0
1069
Ilustrasi : Google

Beritalangitan.com – Suatu ketika Hasan Basri ditanya : Apa rahasia zuhudmu di dunia ini? Kemudian Beliau menjawab: “Aku tahu rezekiku tidak akan diambil orang lain, karena itu hatiku selalu tenang. Aku tahu amalku tidak akan dikerjakan orang lain, kerana itulah aku sibuk beramal shalih. Aku tahu Allah Ta’ala selalu memperhatikanku, kerana itulah aku malu jika Allah melihatku sedang dalam maksiat. Dan aku tahu kematian itu sudah menungguku, karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan Allah.”

Rahasia Zuhudnya Hasan Al Basri ini memberi pesan bahwa jangan tertipu dengan usia muda karena syarat mati tidak harus tua.

Jangan terpedaya dengan tubuh yang sehat karena syarat mati tidak mesti sakit.
Jangan terperdaya dengan harta kekayaaan karena si kayapun tidak pernah menyiapkan kain kafan buat dirinya meski cuma selembar.

Teruslah berbuat baik kapan dan di manapun, berniat untuk menjadi manusia terbaik, memberi nasihat yang baik-baik pula, meskipun tidak banyak orang yang mengenalimu dan tidak suka dengan nasihatmu.

Cukup lah Allah yang mengenali Anda lebih dari pada orang lain.

Jadilah bagai jantung yang tidak terlihat, tetapi terus berdenyut setiap saat hingga kita terus dapat hidup, berkarya dan menebar manfaat bagi sekeliling kita sampai diberhentikan oleh Allah Swt.

“Waktu yang kusesali adalah jika pagi hingga matahari terbenam, amalku tidak bertambah sedikitpun, padahal aku tahu saat ini umurku terus berkurang” (Ibnu Mas’ud r.a)

Nabi SAW bersabda : orang yang cerdas itu adalah orang yang mempersiapkan kematian dan mepersiapkan bekal untuk hidup setelah kematiannya. (die)

 

Sumber : Salingsapa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.