Riyad Mahrez, Pemain “Muslim” Leicester City yang Gemparkan EPL

0
2122
Riyad Mahrez (leicester city)

Beritalangitan.com – Penampilan klub Leicester City di Liga Primer Inggris musim ini memang sangat mengejutkan. Hingga pekan ke-29 ini, klub berjuluk The Foxes ini kokoh di puncak klasemen sementara dengan torehan 60 poin. Terpaut 5 poin dengan posisi dua Tottenham Hotspur (55), posisi tiga Arsenal (52) dan Manchester City di posisi empat dengan 50 poin.

Salah satu pilar kesuksesan klub besutan Claudio Ranieri ini adalah Riyad Mahrez. Pemain muslim berkebangsaan Aljazair ini bermain sebagai winger Leicester City yang telah mengoleksi 15 gol dan bertengger di urutan 5 top skorer Liga Inggris.

Mahrez (25 tahun) adalah pemain kelahiran Sarcelles, Prancis, 21 Februari 1991. Ia merintis karier profesionalnya dari klub di Prancis. Baru pada Januari 2014, petualangannya di kompetisi Inggris bermula.

Pada periode tersebut ia dikontrak secara permanen oleh Leicester yang saat itu masih bersaing di kompetisi Championship. Ketika itu ia diikat dengan kontrak berdurasi 3,5 tahun. Lalu debutnya dilakukan pada 25 Januari 2014 sebagai pemain pengganti dari winger Llyod Dyer.

Sedangkan gol perdananya di daratan Inggris dicetaknya pada saat melawan rival lokal, Nottingham Forest. Selang sebulan berikutnya, pelatih Nigel Pearson memberikannya kepercayaan untuk menjadi starter.

Sementara untuk debutnya di Liga Primer dilakukannya pada 16 Agustus 2014. Untuk gol pertamanya di kompetisi tertinggi di Inggris tersebut dibuatnya pada 4 Oktober 2014. Pada penghujung musim kemarin, namanya sempat masuk ke dalam bursa transfer. Klub Tottenham Hotspur sempat menggodanya.

”Saya masih menyisakan kontrak selama dua tahun dan sekarang ini saya masih menjadi seorang pemain Leicester. Saya tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan tetapi saya bahagia bisa menjadi pemain Leicester,” demikian penegasannya sebagaimana dikutip dari laporan Leicestermercury.

Sepanjang musim lalu, Mahrez mendapatkan kesempatan 25 kali tampil. Sayangnya dia hanya mampu menciptakan empat gol.

Di level internasional, Mahrez tercatat sudah mengantungi 16 caps bersama tim nasional Aljazair. Dari penampilan tersebut, ia tercatat sudah menyumbangkan tiga gol. Debutnya bersama timnas diraihnya pada 31 Mei 2014 saat melawan Armenia dalam laga ujicoba jelang Piala Dunia 2014.

Lalu untuk gol internasionalnya diraih pada saat tampil di babak kualifikasi Piala Afrika melawan Malawi. Kemudian pada Desember 2014, namanya diumumkan sebagai bagian dari skuat Aljazair yang tampil di Piala Afrika 2015.

Pelatih klub Barcelona, Luis Enrique mengatakan bahwa ia kini tengah berupaya untuk memboyong pemain Aljazair yang bermain di klub Leicester City, Riyad Mahrez dalam perburuan pemain di akhir musim ini.

Luis Enrique telah lama mengamati beberapa penampilan Riyad Mahrez termasuk saat pemain yang masih berusia 25 tahun itu berlaga di Vicarage Road. Menurutnya, Riyad Mahrez memiliki kreativitas yang sangat baik disamping piawai dalam menciptakan gol.

Riyad Mahrez musim ini telah berhasil menyumbangkan sebanyak 15 gol bagi skuad Claudio Ranieri dan terakhir membantu klubnya memperlebar jarak 5 angka dari kejaran Tottenham Hotspur, rival terdekatnya di papan klasemen sementara.

Namun aksi-aksi Riyad Mahrez mungkin hanya akan bisa disaksikan oleh para pendukung the Fox dalam 9 kali laga sisa kompetisi liga Inggris ke depan, karena Barcelona dikabarkan telah menyiapkan dana sebesar £15 juta untuk bisa memboyongnya ke stadion Camp Nou pada musim panas nanti.

Riyad Mahrez menyadari bahwa Barca sangat berhasrat untuk mendapatkan jasanya dan telah menggeser pemain Borussia Dortmund, Marco Reus dalam daftar pemain incaran klub Katalan itu.

Riyad Mahrez yang kini masih terikat kontrak dengan Leicester City hingga 2019 nanti, agaknya tak kuasa dan sangat sulit untuk menolak ketertarikan Barcelona, mengingat frekuensi kesempatannya untuk menikmati banyak laga di pentas Eropa bersama skuad Barcelona untuk waktu yang lama.*

*ligaolahraga.com, bola detikcom, ROL,

Sumber : portalpiyungan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.