Solidaritas Peduli Jilbab Bali, “beauty inside, syar’I outside :)”

0
1795
Foto bersama Komunitas Solidaritas Peduli Jilbab (SPJ) Bali.

Denpasar, 18/4 (beritalangitan.com)  – Ternyata tak  hanya perangkat elektronik saja yang membutuhkan recharge baterai supaya bisa berfungsi dengan baik, Manusia pun memerlukan pengisian daya yang tentunya dalam hal ini adalah motivasi atau memerlukan dorongan secara moril berupa ilmu keruhanian agar dapat berperilaku dengan baik.

Begitulah yang dilakukan komunitas solidaritas peduli jilbab (SPJ) Bali, recharge pada mental spiritual senantiasa dilakukan pada semua anggota dan pengurus yang terlibat didalamnya, seperti yang dilaksanakan minggu 17/4 yang dilaksanakan di Masjid An – Nur  Jl. Diponegoro, Denpasar Bali.

“Kami mengadakan kegiatan kajian bulanan sebulan sekali yang diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah yang ada di Bali seperti Badung, Denpasar dan ada juga dari singaraja”. Ungkap Iim selaku ketua SPJ Bali. Kajian kali ini kami mengambil tema “Nikmati peranmu, Surga Allah menantimu” dengan dihadiri oleh empat puluh enam orang peserta. Pada kajian ini juga ada kajian tentang “Peran Muslimah” yang disampaikan oleh Amna Hartiati salah satu dosen Universitas Udayana paparnya.

Foto-foto saat kegiatan

4 5

Ninik salah satu anggota SPJ Bali menyampaikan tentang bagaimana menggunakan jilbab yang sesuai dengan syar’I dengan mengambil sumber dari Al – Qur’an ayat 24:31 serta 33 : 59 : “Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”. (QS. An-Nur (24) : 31).

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang”. (QS. Al-Ahzab (33) : 59).

Dan pada akhir acara, SPJ Bali membagikan Jilbab kepada beberapa peserta yang hadir serta berfoto bersama.

Selanjutnya menurut Iim, mudah-mudahan  kedepannya muslimah di Bali semakin banyak menggunakan hijab syar’I serta sadar akan keutamaan berhijab, terus berproses memakai hijab dan harus ada progres, segerakanlah berhijab syar’I jangan di tunda-tunda, tandas Iim mengakhiri pembicarannya kepada beritalangitan.com. (fth/ra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.