Tidak Disangka! Bahan Ini Dijadikan Obat Darah Tinggi Alami

0
1017

Beritalangitan.com – Memiliki tekanan darah tinggi menjadi  masalah baru bagi sebagian orang, mengingat hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Darah mengalir dipompa oleh jantung untuk mendistribusikan nutrisi dan oksigen untuk keperluan metabolisme tubuh. Agar berjalan dengan baik, tentu saja darah harus mengalis dengan tekanan yang normal. Jantung bertugas memompa darah yang kemudian mengalir ke suluruh tubuh melalui pembuluh darah. Nah, darah yang mengalir di dalam pembuluh darah inilah yang disebut dengan tekanan darah. Tekanan darah yang ideal umumnya 120/80 bagi orang dewasa.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang terkena tekanan darah tinggi. Beberapa faktor yang menyebabkan tekanan darah ini adalah kopi. Seseorang yang mengalami kecanduan kopi lebih besar terkena resiko terkena penyakit ini. Makanan yang mengandung garam berlebihan juga memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Faktor lain yang bisa mengarahkan anda ke resiko tekanan darah tinggi adalah stres dan alkohol. Bagi anda yang mengidap penyakit ini, sebaiknya segara menghindari pantangan tersebut demi kesehatan dan kelancaran aktifitas anda.

Berbicara tentang obat darah tinggi alami, ada banyak sekali tanaman atau makanan yang mengandung manfaat mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Yang terpenting dalam mengatasi hal ini adalah mengatur kembali pola hidup agar lebih sehat, supaya sistem metabolisme tubuh kembali berjalan dengan baik. Berikut adalah obat darah tinggi alami yang bisa anda terapkan di rumah.

Sayur-sayuran

Siapa yang tidak tahu manfaat sayuran. Bahan makanan ini selalu memberikan asupan positif bagi tubuh anda. Tidak hanya itu, kandungan zat-zat baik di dalamnya mampu membuat anda terlihat muda.Ini juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Nah, tidak disangka, sayuran ini bisa digunakan sebagai obat darah tinggi alami. Nah, apa ada lagi alasan untuk tidak makan sayuran?

Bawang

Bawang putih dan bawang merah selalu digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu utama saat memasak. Ternyata hal ini tidak hanya berguna untuk menyedapkan makanan saja. Bawang-bawangan ini sangat ampuh jika digunakan sebagai obat darah tinggi alami. Tidak hanya itu, tumbuhan yang digolongkan sebagai komoditas utama Indonesia ini ternyata mampu menghilangkan sumbatan pada jantung. Bawang putih memiliki zat aktif yang bisa melawan kuman penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Susu rendah lemak

Meminum susu memang terbukti sangat sehat untuk tubuh kita. Sejak jaman kuno, susu sudah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari bahkan berkembang sampai di dunia kecantikan. Pada jaman dahulu banyak sekali ratu kerajaan terkenal memanfaatkan susu untuk memutihkan dan menghaluskan kulit dengan memakainya sebagai sabun atau lulur. Untuk obat darah tinggi alami, susu rendah lemak sangat membantu. Anda bisa mengkonsumsi susu rendah lemak secara alami untuk membantu mengontrol tekanan darah anda.

Pastikan anda senantiasa menjaga pola hidup meski dalam keadaan sesibuk apa pun. Luangkan waktu untuk berolahraga dan atur waktu tidur anda. Disamping itu, hindari stres dan tekanan berat. Memang kita tidak bisa menolak hal ini. Namun, sebaiknya segera selesaikan masalah saat anda mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan. Dengan melakukan menejemen stress yang baik, seperti berpikiran positif, anda akan terhindar dari stress yang mengarahkan diri anda pada penyakit darah tinggi. Bila perlu, reward diri sendiri sesekali dengan pergi liburan dan meninggalkan rutinitas kerja sesaat saja. (st)

Sumber : muslimah.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.