Hidup dan Kehidupan

0
1739
KH. Tatang Mustafa Kamal
Oleh : KH. Tatang Mustafa Kamal

Penulis adalah Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Huda Malangbong Kabupeten Garut

Beritalangitan.com – Dalam hidup dan kehidupan ada tiga pokok pemikiran yang tidak boleh dilupakan, yaitu : Tugas hidup, Hakikat hidup dan Tujuan hidup. Tujuan hidup satu, Hakikat hidup satu, dan Tujuan hidup pun satu.

Pertama. Tugas hidup satu yaitu ibadah, sesuai dengan firman Allah Swt. dalam Al Qur’an Surat Adz Zaariyaat (51) ayat 57, yang artinya : “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”. Jadi, mau apapun kita, profesi apapun yang kita jalani, yang penting bernilai ibadah. Pekerjaan, profesi, jabatan yang kita miliki belum tentu lebih baik dari orang lain. Kedudukan kita jangan merasa lebih hebat dari orang lain, apalagi tidak bernilai ibadah dihadapan Allah.

Kedua. Hakikat hidup satu yaitu cobaan, sehingga tidak ada satu manusiapun yang hidup didunia ini yang tidak diuji dan dicoba. Ini sesuai dengan sabda Rasul yang artinya : “Tidak akan berhenti cobaan selama kaki menginjak bumi”. Jadi, lebih baik mati jika tidak mau dicoba. Cobaan itu selalu disesuaikan dengan keadaan kita, semakin kuat iman kita, semakin hebat keislaman kita dan semakin tinggi tensi ekonomi kita maka kuat pula cobaan yang kita terima. Bila cobaannya kecil, itu menunjukkan iman kita masih lemah. Jangan merasa cobaan yang diberikan kepada kita lebih besar daripada cobaan yang diberikan pada orang lain, apalagi jika iman kita masih lemah karena itu akan membuat kita putus asa.

Ketiga. Tujuan hidup hanya satu yaitu ingin baik didunia dan akhirat. Sesuai dengan firman Allah yang sering kita panjatkan dalam doa, RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR. “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”.

Bersambung.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.