Ramadhan Bulan Ukhuwwah

0
834
KH. Rachmat Soji. Lc. MA. Pimpinan Pondok Pesantren Bina Insan Madani
Oleh H. Rachmat Muhammad Soji, Lc. MA.

Pengasuh PP. Bina Insan Madani Sukabumi.

Lulusan S1 Terbaik Universitas Al-Azhar Cairo Mesir dengan gelar Predikat Kehormatan.

Lulusan S2 Terbaik Universitas Al-Azhar Cairo Mesir dengan gelar Predikat Istimewa.

Kandidat S3 (Doktor) di Al-Azhar.

Beritalangitan.com – Salah satu karakter orang-orang beriman yang tidak boleh lepas adalah berukhuwwah atau bersaudara.

Mari kita renungkan firman Allah di bawah ini,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (10) الحجرات

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَى شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ (103) آل عمران

Dalam ayat pertama, Allah SWT Mengkhususkan ukhuwah bagi orang-orang yang beriman. Artinya kita berukhuwwah yang sesungguhnya hanya dengan orang-orang mukmin.

Sedangkan dalam ayat kedua, Allah SWT menyebutkan bahwa ukhuwwah itu adalah nikmat dari Allah SWT.

  1. Keutaman ber-ukhuwwah
  • Diantara Kelompok yang dijamin tidak akan kepanasan di alam Mahsyar adalah dua orang yang saling bersaudara karena Allah, mereka bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah.
  • سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ، يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: الإِمَامُ العَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي المَسَاجِدِ، وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ، فَقَالَ: إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ، أَخْفَى حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ ” (البخارى)

“Tujuh kelompok yang akan Allah naungi dalam naungan-Nya disaat tiada naungan kecuali naungan-Nya; Pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam Ibadah kepada Tuahnnya, seseorang yang hatinya terikat didalam mesjid, dua orang yang saling mencintai dijalan Allah, mereka berkumpul dan berpisah karena-Nya, seorang lelaki yang diajak berzina oleh perempuan yang terhormat dan cantik, kemudian dia menolak dengan mengatakan aku takut kepada Allah, seseorang yang yang menyembunyikan sedekahnya, sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan seseorang yang mengingat Allah dalam kesendirian, lalu menangis mengalirkan air mata”. (Imam Bukhari)

  • Berukhuwaah adalah sifat seorang mukmin

    قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُؤْمِنُ آلِفٌ مَأْلُوفٌ وَلَا خَيْرَ فِيمَنْ لَا يَأْلَفُ وَلَا يؤلف (أحمد والطبراني والحاكم)

“Seorang mukmin itu seorang pecinta dan dicintai, dan tiada kebaikan orang yang tidak mencintai dan tidak dicintai”. (Imam Ahmad, Tahbarani dan Hakim)

  • Tanda orang yang akhlaknya baik

    قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَقْرَبَكُمْ مني مجلساً أَحَاسِنُكُمْ أَخْلَاقًا الْمُوَطَّئُونَ أَكْنَافًا الَّذِينَ يَأْلَفُونَ وَيُؤْلَفُونَ (الطبرانى)

“Sesungguhnya orang yang paling dekat denganku tempatnya (disurga) adalah orang yang baik akhlaknya, yang merendahkan pundaknya, yaitu orang-orang yang mencintai dan dicintai”. (Imam tahbrani)

  • Akan mendapat derajat khusus di Surga

    إن حول العرش منابر من نور عليها قوم لباسهم نور ووجوههم نورا ليسوا بأنبياء ولا شهداء يغبطهم النبيون والشهداء فقالوا يا رسول الله صفهم لنا فقال هم المتحابون في الله والمتجالسون في الله والمتزاورون في الله (النسائى)

“Sesungguhnya disekeliling Arasy ada mimbar-mimbar dari cahaya, yang diduduki oleh kaum yang pakainnya cahaya, wajahnya cahaya, tapi mereka bukan pra nabi, bukan para suhada, kedudukan mereka dirindukan oleh para nabi dan para syuhada. Para sahabat bertanya, siapa mereka itu wahai Rasulullah? Mereka adalah orang yang saling mencintai dijalan Allah, yang berduduk-duduk dijalan Alalh, yang saling mengunjungi dijalan Allah”. (Imam Nasai)

  • Mendapat kecintaan Allah

    قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَقُولُ حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلَّذِينِ يَتَزَاوَرُونَ مِنْ أَجْلِي وَحَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلَّذِينِ يَتَحَابُّونَ مِنْ أَجْلِي وَحَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلَّذِينِ يَتَبَاذَلُونَ مِنْ أَجْلِي وَحَقَّتْ محبتي للذين يتناصرون من أجلي (الحاكم)

“Sesungguhnya Allah SWT Bersabda (hadis qudsi), berhak mendapat kecintaan Ku orang-orang yang saling mengunjungi karena Ku, dan berhak mendapat kecintaan Ku orang-orang yang saling mencintai karena Ku, dan berhak mendapat kecintaan Ku orang-orang yang saling berkorban karena Ku, dan berhak mendapat kecintaan Ku orang-orang yang saling tolong karena Ku”. (Imam Hakim)

Tingkatan ukhuwwah :

  • Salamatusshodr (bersih hati terhadap saudara-saudaranya)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ (12) الحجرات

  • At-Ta’rruf (saling mengenal)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (13) الحجرات

  • At-Tafahum (saling memahami)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَى أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ (11) الحجرات

  • At-ta’awun wat-tadhomun (saling tolong)

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (2) المائدة

  • Al-Itsar (mendahulukan kepentingan yang lain)

وَالَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ وَالْإِيمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِمَّا أُوتُوا وَيُؤْثِرُونَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (9) (الحشر)

  1. Pelajaran Ukhuwwah Dalam Puasa
  • Imam al-Ghazali rahimahullah menuturkan dalam kitan Ihya Ulumiddin,  bahwa penyebab terjadi ukhuwuwwah adalah adanya kesamaan. Dan penyebab perselisishan adalah adanya perbedaan/pertentangan. Nah, dalam puasa ini umat Islam akan mengalami persamaan dengan saudaranya seiman dengan puasa (sama-sama lapar) buka (sama-sama makan), dan banyak dalam banyak hal. Dari sini, diharapkan lahir rasa persaman yang akan melahirkan rasa persaudaraan.
  • Menahana lapar pada waktu ramadhan diharapkan melahirkan empati kepada saudara-saudaranya yang kelaparan di berbagai belahan dunia, seperti, Palestina, Suriah, Rohingnya, dan lain-lain.
  • Di bulan Ramadhan kita dituntut agar menahan emosi kepada saudara kita, walaupun kita diserang dengan keras, maka seorang yang berpuasa tidak boleh membalas dengan kata-kata kotor, dia harus cepat sadar bahwa dia sedang berpuasa. Sehingga meminimalisir jumlah saudaranya yang tersakiti. Dari sini akan terjaga ukhuwwah.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: ” الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ، وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ “

“Puasa adalah perisai, maka janganlah ia (orang yang berpuasa) bersikap jorok/kotor dan janganlah bersikap bodoh, kalaupun ada seseorang yang menyerang atau memakinya, maka ucapkanlah Sesungguhnya aku sedang berpuasa”. (Imam Bukhari)

  • Bulan Ramadhan bulan berbagi.

Dalam hadist dijelaskan bahwa memberikan sedikit untuk beberapa biji kurma, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa.

Dengan tumbuhnya kesadaran infak, maka akan tumbuh bersamanya perasaaan bersaudara.

Semoga bermanfaat.

Editor : Jm

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.