Membangun Usaha Bersama Pasangan

0
218
Ilustrasi Couplepreneur (Foto: Pinterest)

Oleh : Dinar Y

Menjadi keluarga Sakinah, Mawardah dan Warahmah adalah dambaan bagi setiap keluarga muslim. Membangun sebuah peradaban bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Karenanya setiap individu wajib memiliki bekal sebelum memulai peradaban yang dicita-citakan. Pendidikan Iman adalah bekal utama yang harus dimiliki oleh seorang calon kepala rumah tangga (Suami) dan pendampingnya (Istri). Terkadang perkara ekonomi menjadi salah satu pemicu keretakan rumah tangga.

Dalam Islam, suami dan istri memiliki peranan penting dalam berumah tangga. Sehingga keduanya dapat saling menyeimbangkan dalam berbagai hal. Termasuk dalam segi ekonomi keluarga. Dalam era modern saat ini banyak pasangan yang memilih untuk memiliki usaha bersama. Saling menggali potensi diri dan saling mendukung dalam pengembangan diri. Dengan kecanggihan teknologi, juga memudahkan kontrol usaha melalui gadget.

Sebagai seorang muslim kita memiliki tauladan Couplepreneur, yakni Rasulullah SAW dan Istrinya Siti Khadijah. Keduanya mampu saling mendukung dalam pembangunan usaha dan tetap istiqomah dalam membangun peradaban Islam. Suksesi dunia akherat menjadi salah satu penyemangat. Ketika di dunia, keduanya mampu untuk berikhtiar menjemput rizqi yang telah Allah janjikan dengan berdagang. Dan untuk bekal berpulang keduanya berhasil menjalankan perintah Allah dalam menyebarkan dan mengakkan ajaran Islam di Bumi Allah.

Al-Qur’an menyebutkan, 

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir” (QS Ar-Rum: 21). 

Menjalani usaha bersama pasangan selain mendapatkan keuntungan yang lebih, secara finansial. Juga dalam bentuk menghindarkan diri dari fitnah khalwat. Usaha bersama juga memberikan kemudahan bagi suami istri dalam beriskusi, kapanpun dimanapun. Membangun usaha bersama ialah  bentuk kemudahan dari Allah, agar kita bisa membangun sebuah peradaban yang sesuai dengan syariat, melalui ilmu-ilmu yang telah Allah Berikan. ********

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.