Batagor H Isan Cianjur, Sedekah Tidak Membuat Kita Miskin

0
188

Cianjur, beritalangitan.com – Batagor merupakan kuliner khas Bandung yang diadaptasi dari Tionghoa-Indonesi dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Di Cianjur Salah satu pelopornya adalah Batagor H Isan yang beralamat di Jl. Siti Jenab No.60, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Haji Isan memulai usaha batagor ini pada tahun 1949 dengan cara di pikul setiap hari dari kota Bandung sampai ke Cimahi. Menu yang disajikan awalnya hanya menjual siomay saja namun jarang sekali habis, setiap pulang pasti ada sisa. Untuk memanfaatkan hal itu, akhirnya H Isan berinisiatif untuk menggoreng sisa somay yg tidak terjual dan dibagikan ke para tetangganya.

Dari sinilah awal mulanya bisnis ini berkembang disebabkan batagor yang H Isan bagikan ke tetangga ternya enak dan banyak yang memesan secara langsung. H ihsan yang awalnya berjualan siomay sekarang berubah menjadi berjualan batagor, dan selanjutnya usaha tersebut di teruskan oleh anaknya yaitu bapak Arif Kasiran yang pada saat itu masih bujang.

Namun sebelum membuka usaha batagor di Cianjur, Arif Kasiran sempet belajar cara membangun usaha batagor di tempat kakanya, mulai dari bahan baku, produksi, managemen sampai pemasaran selama kurang lebih lima tahun.

Dengan modal keahlian dan mental yang kuat akhirnya di tahun 2000 Arif Kasiran memberanikan diri untuk membuka usaha batagor ini di Cianjur, karena usaha batagor ini adalah usaha keluarga, outlet pusat yang di Bandung di kelola oleh kakanya sedangkan yang di Cianjur di kelola olehnya.

Bisnis batagor ini adalah bisnis keluarga, dan di kelola oleh keluarga besar H Isan, cabangnya tersebar di berbagai kota seperti Bandung, Cianjur sampai luar jawa, papar Arif Kasiran selaku pengelola Batagor H Isan Cianjur.

Salah satu tantangan terberat saat merintis usaha ini adalah harga bahan baku yang cukup mahal, sehingga harus dapat di atur dengan baik agar tidak rugi. Karena bahan baku mahal akhirnya harga jual pun mahal sehinga jarang sekali anak-anak sekolah yang beli, pembelipun rata rata orang dewasa saja.

Menu yang di sajikan saat ini adalah batagor dan bakso kuah, tapi yang lebih dominan adalah batagor saja. Setiap harinya batagor H Isan bisa menghabiskan 120 porsi hingga 150 porsi per hari, dan jika ada pesanan bisa habis hingga 200 porsi, dengan harga Rp 16.000 per porsi.

Di batagor H Isan Cianjur ini setiap ada pengemis (orang yang minta-minta) pasti pak Arif kasih, karena baginya bersedakah itu tidak akan membuat miskin, justru saya berterima kasih kepadanya karena harta saya tersalurkan dan dido’akan juga oleh orang tersebut, pungkasnya.

Tim lipsus beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.