Batik Cianjur, Batik khas yang diproduksi Penyandang Disabilitas

0
170

Cianjur, beritalangitan.com – Batik merupakan salah satu citarasa khazanah budaya di Indonesia, konon batik berkaitan erat dengan sejarah perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa literasi kebudayaan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta.

Di Cianjur Salah satu pengusaha penghasil batik adalah Eliana Trisnawati, ia merupakan owner Dahlia Batik Genturan yang saat ini memiliki tempat workshop dan galery batik sendiri, berdiri sejak tahun 2010 dan berlokasi di Jalan Raya Warungkondang No.42 Cianjur Jawa Barat

Sedangkan untuk motif batik cianjur itu ada empat motif yaitu, motif lampu genturan, beasan, ayam pelum dan gunung padang. Yang unik dari batik ini adalah motif ayam pelung yang memiliki motif lain seperti motif batik ayam pelung kasep, batik ayam pelung ningrat, batik ayam pelung keukeut dan batik ayam pelung baralak nangkub, semua motif itu memiliki cerita dan keunikan yang berbeda beda.

Yang cukup unik di galery Dahlia Batik Genturan ini adalah semua batik yang diproduksi disini dikerjakan oleh orang-orang berkebutuhan khusus atau disabilitas, namun sayang batik tulis belum banyak diminati karena prosesnya yang cukup lama. Untuk membuat satu lembar kain batik tulis saja dibutuhkan tiga sampai empat hari untuk menyelesaikannya, sedangkan untuk batik cap itu dalam satu hari dapat memproduksi lebih dari dua puluh lembar kain bahkan bisa lebih.

Eliana merupakan ketua dari komunitas IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) juga pembina bagi penandang disabilitas.

“Kami disini terus mengembangkan potensi di Cianjur ikon-ikon Cianjur yang mana bisa diaplikasikan ke batik Cianjur, salah satunya motif-motif lampu genturan yang coba kita aplikasikan di batik Cianjur. Alhamdulillah selain warga Cianjur batik-batik kami juga diminati oleh masyarakat luar Cianjur hingga keluar negri, kurang lebih ada dua belas negara salah satunya adalah Jepang, Belanda, Singapore dan beberapa negara lainnya, ujarnya”.

Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain, batik dibuat dengan tekhnik khusus kemudian di proses secara tertentu sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait. Sedangkan untuk cara ngebatik sendiri ada dua cara yaitu dengan cara batik tulis (canting) dan batik cap (cetak).

“Harapan kami kedepannya, semoga pemerintah cianjur dapat mendukung dan bersinergi dengan kami melalui program-program pemerintahan, pelatihan-pelatihan dari pemerintah dan mendukung penuh melalui perda-perda yang telah disahkan agar batik khas cianjur bisa terus exist dan berkembang, sehingga perekonomian UKM dapat meningkat dan sejahtera, pungkasnya”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.