Haji Ekky Cules, SE “Wajib Gunakan Syariat Islam Dalam Bisnis“

0
1601
Haji Ekky Cules, SE

Bali, 2/2 ( beritalangitan.com ) – Mengawali kiprah tim lipsus pengusaha Muslim beritalangitan.com untuk Provinsi Bali kali ini tim berkunjung ke toko  H. Ekky Cules ( 50 ) seorang pengusaha Muslim yang bergelut dalam bidang tekstil yang beralamat di Jl.Imam Bonjol Denpasar Bali, perusahaan yang ditekuninya ini sudah berdiri selama enam belas tahun, dan kini mempekerjakan tak kurang dari tiga belas orang  karyawan.

d

Selain usahanya itu H. Ekky juga membina pondok pesantren Firdaus dan aktif sebagai dewan penasehat Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) Bali. Menurut Ekky kepada beritalangitan.com dalam berwirausaha yang paling penting adalah “praktek langsung” karena dengan begitu kita akan secara langsung memahami seluk beluk usaha itu, berbeda dengan hanya mengandalkan teori dan analisa saja.

Ekky mengaku belajar berwirausaha bersama orang tuanya dengan ikut terjun langsung mengelola toko mulai dari belajar cara berbelanja mencari dan memilih barang yang bagus, mengelola perputaran keuangan hingga belajar menghadapi konsumen semuanya dipelajari sendiri secara langsung, paparnya.

Sebagai seorang muslim kita juga harus mampu bersaing mengambil posisi di bidang strategis salah satunya berwirausaha, karena Islam bukanlah agama yang hanya mengajarkan tentang praktik-praktik peribadahan secara spiritual saja seperti shalat wajib, shalat sunat, puasa dan sebagainya. Karena masuk Surga itu juga tidak bisa hanya dengan amalan spiritual saja, tetapi menurutnya mencari nafkah dan memiliki kekayaan untuk memperkuat agama juga sebagian dari ajaran Islam yang harus di tunaikan.

Karena jika umat Islam tidak mengambil peran dalam perekonomian, maka umat Islam akan termarginalkan dan menjadi budak orang luar, harta juga merupakan sebuah kekuatan dalam menguatkan agama. Selain itu jika umat Islam tidak turut berperan dalam persaingan ekonomi maka secara tidak langsung akan membiarkan orang non muslim yang menguasai perekonomian.

Tetapi lanjut Ekky Sebagai pengusaha muslim kita wajib melaksanakan syari’at Islam dalam berwirausaha, karena berwirausaha juga merupakan ibadah. Biasanya jika usaha tidak berkah dan tidak berkembang itu disebabkan karena syariat Islamnya diabaikan, tidak bershodakoh, tidak menunaikan Zakat dan Infak itu akan menghilangkan keberkahan dalam usaha.

Bahkan dalam syariat Islam itu wajib menerapkan Halalan Thoyiban artinya jual beli itu harus halal dan baik, jual beli apapun kalau ada kebohongan didalamnya maka hukumnya akan menjadi tidak halal, apalagi jika sudah saling menipu, curang, atau khianat maka bisa dipastikan usaha itu akan hilang keberkahannya sama sekali dan tinggal tunggu saja kehancurannya. “untuk itu jika usaha kita ingin berkembang dan berkah gunakan syariat Islam “ ujar Haji ekky menutup pembicaraanya dengan tim lipsus beritalangitan.com

(ft/ra/oz beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.