Jonny Sutikno (Pengusaha Muslim Bali) “dalam harta kita sebagiannya ada hak orang lain”

0
1822
Jonny Sutikno (Pengusaha Muslim Bali)

Denpasar, 29/3 (Beritalangitan.com) – “Ryan Bali Garment” ini adalah sebuah perusahaan produsen garmen yang membidik ekspor pakaian seperti t-shirt, kemeja, celana dan jaket segala usia bahkan sampai pakaian bayi, ini adalah salah satu perusahaan garmen terkemuka yang berbasis di Denpasar Bali.

Jhonny Sutikno
Jonny Sutikno

Ditemui tim lipsus pengusaha muslim beritalangitan.com di tempat kerjanya di Jl. Raya Banjar Gadon no 99 x Badung Bali pada senin 28/3. Jonny Sutikno (39) mengisahkan awal merintis garmen ini pada tahun 2003 lalu dengan  dibantu oleh istri dan 2 orang karyawannya.

Seiring berjalannya waktu perusahaan ini mulai berkembang dengan strategi  pemasaran lewat online maupun secara konvensional. Kini perusahaan ini telah banyak menerima pesanan dari beberapa negara seperti dari Jepang, Australia, Amerika, negara-negara di Eropa dan beberapa negara lainnya di Asia. Dalam kurun waktu 13 tahun dari hanya dibantu istri dan dua orang karyawan, kini perusahaaan ini telah memiliki 65 karyawan dan sebuah bangunan pabrik yang cukup besar.

Tempat Produksi
Tempat Produksi

Perusahaan ini mengerjakan sendiri semua tahapan pengerjaan dengan pengawasan kualitas yang ketat, mulai dari membuat pola, pemotongan, pengolahan kain dengan lukisan atau pencetakan dan garment sewing juga dilakukan dengan detail dan teliti, sehingga melahirkan produk dengan kualitas yang baik tetapi dengan harga yang kompetitif.

Manajemen kerja yang dibangun di perusahaan ini cukup menarik dan berbeda dengan pola yang diterapkan kaum kapitalis pada umumnya, yaitu dengan memposisikan karyawan sebagai keluarga sehingga dengan begitu tumbuh solidaritas dan produktivitas yang tinggi dan karyawanpun merasa  nyaman dalam bekerja.

Selain itu diperusahan ini mempekerjakan sebagian besar karyawan Muslim sebanyak 70% dan non Muslim 30%. Karyawan mulai masuk kerja pukul 8.30 s/d 17.00 WIB “Karyawan harus tepat waktu, karena jika kita sudah mulai dibiasakan disiplin pada waktu maka menekuni bidang apapun dalam hidup ini akan maju dan sukses”, papar Jonny.

Selanjutnya menurut ayah tiga anak ini “kalau karyawan ada yang sakit, pihak perusahaan harus membantunya, karena bisnis ini bukan untuk memperkaya diri tapi ada hak-hak orang lain yang perlu diberikan, sangat berbahya dan celaka orang yang menumpuk-numpuk hartanya”. Seperti dikatakan Allah dalam QS At-takasur : 1-8 “Bermegah – megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur, sekali kali tidak kelak kamu akan mengetahui akibat perbuatanmu itu, kemudian sekali kali tidak kamu kelak akan mengetahui, sekali kali tidak sekiranya kamu mengetahui dengan pasti , niscaya kamu akan melihat neraka jahim, kemudian kamu benar benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri kemudian kamu benar benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan  yang megah di dunia itu”.

“Always pray and do the best”. Selalu berdoa dan lakukan yang terbaik, pungkas Jonny menutup pembicarannya dengan tim lipsus pengusaha muslim beritalangitan.com di kantornya. (ft/oz/beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.