Pola Hidup Menuju Sukses

0
1302

Oleh : Yusandi C. Ramadhan

Beritalangitan.com – Sejatinya setiap manusia memiliki cita – cita yang besar dan semua ingin sekali untuk sukses, tidak ada satu manusiapun yang bercita – cita ingin gagal. Akan tetapi untuk mewujudkan itu semua banyak instrumen – instrumen yang harus dikembangkan, diperbaiki dan diadakan. Terkadang hampir dari kebanyakan manusia saat ini dalam melakukan gerak dan aktivitasnya berdasarkan naluriah dan insting belaka. Nah ini merupakan sebuah kekeliruan yang besar kalau memang anda ingin menjadi orang yang sukses. Setiap orang sukses pasti memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan fitrah (pembawaannya). Hal – hal apa sajakah yang harus dimiliki untuk menjadi orang yang sukses?

  1. KENALI DIRI

Mengenali diri bukanlah hal yang mudah, kalau memang mengenali diri merupakan hal mudah sudah barang pasti negeri ini akan jauh lebih maju, kemajuan suatu negeri di tentukan oleh penduduknya. Dalam diri seorang manusia terdapat sebuah potensi yang amat sangat luar biasa akan tetapi banyak orang yang tidak menyadari, tidak mau menggali dan tidak mau berubah. Cabalah dari saat ini mulai memahami, merenungkan dan menggali potensi diri kita. Bagaimana cara memulainya, coba di list apa saja hal yang baik yang sudah biasa kita lakukan dan apa hal – hal buruk yang kita biasa lakukan. Mengapa di mulai dari situ, karena sebuah penilaian merupakan bentuk karakter kita yang terbentuk akibat ucapan dan perbuatan.

  1. TETAPKAN TUJUAN DAN RENCANA KERJA

Setelah tahapan awal dilalui pasti keluarlah sebuah kebiasaan baik dan kebiasaan buruk yang menjadi kebiasaan kita, buatlah rencana perubahan dimana yang tidak baik di perbaiki dan yang bagus di tingkatkan. Tidak cukup dengan itu, mulailah membuat rencana kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Nah, terkadang banyak sekali orang yang bekerja diluar potensi dan terkesan di paksakan karena bertujuan menukarkan waktu dengan uang bukan menukarkan waktu dengan karya, inovasi dan kreatifitas. Ketika bekerja diluar potensi diri biasanya cepat jenuh, bosan dan sering gonta ganti pekerjaan.

  1. ATUR WAKTU

Ini dia hal yang paling menentukan dan tidak sedikit kebanyakan manusia saat ini terjebak membuang–buangnya, ada pepatah mengatakan “barangsiapa yang mampu memanfaatkan dan mengelola waktu dengan sangat baik, maka dia akan mampu menjadi seorang PEMENANG”. Nah, cobalah tentukan rencana kerja diatas akan di eksekusi dalam jangka waktu berapa lama, membutuhkan hal – hal apa saja dan SDM seperti apa. Karena sebuah rencana tanpa target waktu yang jelas dan SDM yang mempuni hanya akan menjadi sebuah rencana yg gagal.

  1. KEKUATAN PIKIRAN BAWAH SADAR

Dalam kekuatan pikiran bawah sadar ada yang namanya AUTOSUGGESTION, yaitu Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosuggestion. Nah sedangkan VISUALIZATION merupakan kualitas berfikir dimana bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Dengan cara memvisualisasikan impian terlebih dahulu, terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar Romawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it – Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya.”cobalah gali dan lebih dimaksimalkan potensi itu karena sangat menentukan sekali dan hanya pikiranlah yang mampu mendekatkan atau menjauhkan sebuah impian dengan realitas.

  1. MEMBANGUN JARINGAN

Sejatinya manusia itu adalah mahkluk sosial dimana tidak bisa hidup sendiri, untuk mewujudkan sebubah impian pasti setiap manusia butuh manusia yang lainnya. Jaringan merupakan unsur sangat vital, tidak terbayang anda melakukan semua kegiatan dalam sehari semua oleh anda sendiri. Bangunlah hubungan baik dengan setiap manusia karena mereka memiliki potensi – potensi yang berbeda yang bisa saling melengkapi dan tidak menutup kemungkinan merekalah yang mempercepat terwujudnya impian anda.

  1. MANAJAMEN KEUANGAN

Ini dia hal yang kadang kita anggap remeh dan sepele, sampai ada pribahasa “Uang cuma segitu ko itungan banget sih”. Setiap orang sukses keberangkatan membelanjakan uang atas dasar KEBUTUHAN bukan KEINGINAN, berbanding terbalik dengan kebanyakan manusia saat ini justru mereka mendahulukan keinginan dari pada kebutuhannya. Sudah barang pasti akan terjebak dengan yang namanya UTANG, nah kalau seandainya kita memahami mana kebutuhan dan mana keinginan dengan baik kita tidak akan terjebak dengan yang namanya Utang. Jangan sampai kita menjadi orang yang BEGO sangat tau sekali berapa pengeluaran perbulan sedangkan pendapatan kita tidak pernah tau dengan seperti itu sudah mewujudkan bahwa kita manusia yang serampangan dan tidak punya arah dan tujuan yang jelas dan nyata. Hitunglah berapa kebutuhan kita perhari, bulan dan tahunan anda agar kita menjadi manusia yang disiplin.

  1. KECERDASAAN MENGENDALIKAN EMOSI DAN STRES

Tidak terbayang ketika manusia tidak diberikan Nafsu, sudah barang pasti tidak akan memiliki gairah dan semangat dalam hidup ini. Nafsu itu bukan suatu hal yang harus di lenyapkan tetapi kita arahkan dan kita kontrol dengan baik, sedangkan stres merupakan gejolak pemikiran dan hati untuk mencari dan menuntaskan sebuah permasalahan, hal ini sangat baik sekali sebetulnya, karena semakin anda sibuk akan semakin terlahir masalah baru dan akan melahirkan stres yang baru dampaknya akan menaikan kelas dan kualitas diri anda kepada kelas yang lebih tinggi. Jangan pernah takut mengahadapi masalah, stres itu semua baik buat perkembangan diri anda.

  1. PERBAIKI PENAMPILAN

Penampialan merupakan sebuah identitas diri bagi kebanyakan orang sukses, mengapa demikian disatu sisi ketika kita berpenampilan baik, rapi dan elegant itu menghargai diri anda dengan baik dan menghargai relasi – relasi anda. Apa jadinya tatkala anda harus menghadiri sebuah rapat anda berpenampilan sedehana dan alakadarny? Kebanyakan orang saat ini menilai sesuatu dari penampilan terlebih dahulu, jangan sampai prusahaan kita atau lembaga kita rusak dan dipandang buruk oleh klien dan relasi karena kita berpenampilan tidak sesuai dengan posisi anda saat ini.

  1. JAGA KESEHATAN

Ini merupakan salah satu instrumen yang mahal sekali dan anugerah yang tiada tara dari Sang pencipta, maka senantiasa harus di jaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Banyak orang rela membayar mahal obat – obat agar terlepas dari sakitnya untuk kembali sehat lagi. Apalah sebuah unsur – unsur diatas kalau kita sendirinya dalam keadaan sakit fisik maupun mental semua itu hanya akan menjadi rencna – rencana.

  1. KEMBANGKAN DIRI

Kunci dari poin ini adalah jangan pernah berhenti belajar dan belajar, buanglah EGO dan lapangkan dada karena tidak menutup kemungkinan kita akan banyak belajar dari orang yang lebih muda dari kita, bisa dari anak kita dan orang lain. Seperti ketika saya diajarkan bangkit oleh anak saya, mungkin entah berapa puluh dan ratus anak saya mencoba jatuh bangun untuk bisa berjalan hingga saat ini bisa berlari kencang. Disitu ada semangat yang tak pernah padam, kemauan keras dan tidak pernah takut merasa sakit dan terbukti anak saya bisa berjalan saat ini. Lebih pekalah terhadap apa yang ada di sekitar kita, ketika kita mampu merenungkan dengan baik banyak sekali pembelajaran dan motivasi yang dahsyat yang akan menjadikan kita pribadi yang BIJAKSANA.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.