SCIEmics: Tantangan dalam Membumikan Ekonomi Islam 2025

0
811

Abdu Yakan, Chairman SCIEmics 2015

Bandung, 7/5 (beritalangitan.com) – Permasalah perekonomian bangsa masih menjadi mimpi buruk bagi Indonesia saat ini. Salah satu permasalahannya adalah nilai tukar rupiah yang semakin melemah, ini berpengaruh kepada hutang Negara, karena Indonesia mempunyai hutang dengan Dolar ($) dimana nilai tukar naik maka otomatis hutangpun akan ikut naik.

Pemerintah perlu perhatian lebih terhadap masalah ini karena akan berimbas kepada generasi penerus yang akan disibukan oleh hutang, sedangkan mereka tidak tahu hutang apa ini, mungin bunga. “Ini dampak dari ekonomi konvensional yang sekarang sedang menjamur di Indonesia”, sedikit intro mangawali wawancara dengan SCIEmics UPI, rabu (6/5/2015).

Unit Kegiatan Mahasiswa SCIEmics UPI (Study Community of Islamic Economics Universitas Pendidikann Indonesia) dapat menjadi solusi terhadap permasalahan ekonomi bangsa saat ini. SCIEmics merupakan UKM yang mempelajari tentang Perekonomian Islam. UKM ini terbilang masih belia yaitu didirikan 1 juli 2010, walaupun demikian SCIEmics saat ini sudah banyak memperlihatkan eksistensinya untuk Perekonomian Islam.

Saat ditemui oleh team beritalangitan.com Abdu Yakan, Chairman SCIEmics 2015 mengatakan, “Orang Indonesia cenderung menyukai ekonomi konvensional yang selalu berkaitan dengan bunga, SCIEmics akan mengajarkan tentang ekonomi Islam yang lebih bermanfaat dan condong kepada keberkahan”.

Ekonomi Islam dimata orang awam masih sesuatu yang asing, ragu disangka rumit, takut karena berkaitan dengan agama dan bahkan sampai ada yang tidak tahu keberadaan Ekonomi Islam. Maka tidak menuntut kemungkinan mereka lebih menyukai Ekonomi Konvensional karena lebih familiar, “Kita akan merubah mindset orang bahwa ekonomi islam itu ada, baik dan milik kita sebagai orang islam”, tambah Abdu Yakan.

Islam itu sangat luas mencakup politik, sosial, budaya, etika sampai ekonomi maka dipandang perlu memperlajari dan mengaplikasikan dalam kehidupan karena islam itu harus kaffah (keseluruhan).

Harapan UKM SCIEmics sesuai dengan Visinya ingin membumikan Ekonomi Islam di tahun 2025, mulai dari dunia kampus, mencetak para anggota (ekonom) menjadi generasi emas yang nantinya akan terjun dimasyarakat dan pemerintah, memperbaiki sistem perekonomian di Indonesia menggantikan Konvensional kepada Syariah. (team beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.