SUBASA “Snack Unik Banyak Rasa”

0
104

Awal mula merintis usaha SUBASA (Snack Unik Banyak Rasa) ini selain didasari kesukaan owner tehadap dunia kuliner, juga karena kegiatan yang tidak sengaja dilakukan dalam mengelola berbagai macam bahan makanan, seperti pisang dan umbi-umbian yang kemudian dijadikan cemilan keripik. Dan dari sinilah beliau mulai menjalankan kegiatan usaha ini lebih serius dan besar.

Usaha snack dari Cianjur ini mulai berkembang pada tahun 2013, setelah adanya kunjungan program KKN dari Mahasiswa Kampus Prasetia Mulya. Atas kunjungan mahasiswa-mahasiswa ini, Ibu … diajarkan selama satu bulan bagaimana caranya untuk mengelola usaha yang baik dan benar, mulai dari memanajemen kegiatan usaha, pengelolaan keuangan, mengurus sertifikasi halal, hingga cara pemasaran dan/atau pendistribusiannya.

Tahap demi tahap telah dilalui untuk mengembangkan usaha ini, hingga akhirnya snack yang awal nya dijual ke sekitar rumah produksi sekarang sudah mampu didistribusikan ke puluhan toko oleh-oleh dan mini market hingga di luar kota seperti wilayah Bogor.

Banyak sekali pengalaman menarik saat menjalakan usaha ini, seperti ketika pertamakali promosi pada acara bazaar di hotel Yasmin Cianjur bersama IPEMI Cianjur (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) beliau membawa banyak produk olahan SUBASA, hingga akhirnya bisa terjual habis dalam satu hari. Selain itu beliau pun merasa beruntung ketika ada bebrapa toko oleh-oleh yang mau melakukan pemabayaran di awal, sebab hal ini bagi pengusaha UMKM merupakan sesuatu hal yang berharga karena bisa diajdikan kembali sebagai modal usaha.

Namun di sisi lain juga terdapat pengalaman yang tidak begitu menyenangkan ketika tahu bahwa salah satu toko yang menjadi mitra penditribusiannya itu bangkrut, akhirnya keuntungan dari penjualan snack SUBASA tidak sempat ditarik. Bahkan ketika beberapa produknya yang tidak terjual, mau tidak mau harus ditarik kembali hingga kemudian produk-produk yang tidak terjual dan masih layak dikonsumsi tersebut dibagikan (disedekahkan) kepada orang-orang yang membutuhkan selama perjalanan pulang.

Dan berkat kegiatan membagikan produk-produk inilah usaha beliau pada bulan-bulan berikutnya mengalami kenaikan, beliau berpendapat ini berkat keberkahan dan do’a-do’a dari mereka yang pernah diberikan “sedekah” snack SUBASA.

Tantangan saat ini dalam menjalankan usaha snack SUBASA adalah memperbaiki pola pendistribusian produk, serta menjaga konsistensi dalam usaha ini haruslah tekun dan sabar. Belum lagi selama pandemi Covid-19 ini banyak sekali faktor produksi yang terkena dampak, mulai dari kebutuhan yang bertambah seperti bahan-bahan produksi, hingga dibatasi pendistribusiannya dibeberapa toko.

Harapan kedepannya, snack SUBASA ini lebih dikenal dan massif dalam pemasaran atau pendistribusiannya. Serta mampu bersaing dengan produk lain, khususnya mengembangkan sistem pemasaran di dunia maya/online.

­Untuk pemesanan berbagai olahan dari Snack SUABASA  bisa menghubungi melalui (WhatsApp/Telephone: 085795663649), (Instagram/subasa.snack), dan (E-mail/subasa.snack@gmai.com).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.