Harga Tanah di Makkah Mencapai 100 Ribu Dolar AS per Meter

0
193

beritalangitan.com — Harga tanah di kawasan Makkah memang bukan-main. Ketua  real  estate Investor  di Kamar Dagang dan Insustri Makkah, Mansour Abu Rayash, mengatakan  mungkin sekarang investor harus harus membayar 2 juta Real (Saudi real/ SR) untuk satu meter persegi tanah di zona tengah di sekitar Makkah pada akhir 2013.

‘’Pada tahun 2013 harga tanah berkisar antara SR 500.000 dan SR 1,5 juta pada tahun 2012. Satu meter persegi di area strategis di Jepang adalah sekitar 100.000 dolar AS , tujuh kali lebih murah dari pada Makkah,’’ katanya seeryi dikutip di surat kabar Al-Sharq dan Arabia News, beberapa waktu yang lalu.

Menurut Abu Rayah, investasi  real estate di Makkah meningkat tajam menjadi 45 persen. Sementara  peningkatan sebanyak 55 persen dibagian wilayah lain di Saudi Arbia menyumbang 55 persen, Dan mulai tahun 2013 sisanya tersebut akan meningkat menjadi lebih dari 50 persen.

“Pasar real estat di Makkah menyaksikan angka harapan di atas dalam hal harga dan kesepakatan. Empat puluh lima persen dari semua likuiditas mengalir ke kota Makkah. Makkah memang menunjukan kegiatan besar-besaran di pasar real estat yang disebabkan oleh kompensasi pengambilalihan properti yang mencapai angkanya sudah mencapai 200 miliar SR pada tahun 2012,’’ ujarnya lagi.

Abu Rayash mengatakan banyak uang dituangkan ke pasar real estat di Makkah oleh banyak investor dari berbagai daerah termasuk Riyadh, Qasim, serta wilayah  lain di provinsi timur dan selat saudi Arabia. Adanya pembongkaran proyek perluasan Masjdil Haram juga menjadi penyebab semakin mahalnya harga tanah di Makkah.

Abu Rayash mengatakan banyak investor sedang menuju ke Makkah, bukan kota-kota utama lainnya seperti Riyadh dan Jeddah karena jumlah jamaah umrah dan haji yang sangat besar.

“Diharapkan kota ini nanti akan akan mampu akan menerima tujuh juta peziarah Umrah dan empat juta jamaah haji tahun ini sebagai hasil perluasan Tempat Suci, berfungsinya kereta api  kereta di kawasan Mashaer dan Makkah yang baru,  dan juga selesainya perluasan Jembatan Jamrat.” Katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.