BMKG Yogya: Awal Ramadan Senin 6 Juni

0
835
Ilustrasi/Pemantauan hilal untuk memprediksi masuknya bulan ramadan (FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)

Beritalangitan.com – Badan Meteorologi, Gefisika, dan Klimatologi (BMKG) Yogyakarta memperkirakan tanggal 1 Ramadan 1437 H atau awal masuk bulan puasa 2016 akan jatuh pada Senin 6 Juni 2016.

Kepala BMKG Yogyakarta, Toni Agus Wijaya mengatakan, pada Minggu sore, 5 Juni 2016, berdasarkan pemantauan BMKG ketinggian atau penampakan Bulan sudah mencapai di atas tiga derajat.

“Tanggal 5 Juni 2016 tinggi Bulan saat Matahari terbenam di Yogyakarta sekitar tiga derajat 53 menit di atas ufuk atau horison barat. Kemudian pada tanggal 6 Juni 2016 diperkirakan ketinggian Bulan sudah di atas 10 derajat,” kata Toni, Jumat 3 Juni 2016.

Menurut dia, meski ketinggian Bulan sudah tiga derajat 53 menit, untuk menentukan awal bulan Ramadan adalah kewenangan Kementerian Agama lewat sidang isbat.

“BMKG bersama Kementerian Agama Kanwil Yogyakarta dan Tim Badan Hisab dan Rukyat hanya melakukan pengamatan dan hasilnya akan dikirim ke Kementerian Agama untuk menentukan awal bulan Ramadan,” katanya.

Toni juga menjelaskan, pada Minggu sore, 5 Juni 2016 untuk cuaca di Bantul tepat di bukit Seh Bela-Belu tempat pengamatan hilal akan cerah. “Untuk wilayah Sleman, Kulonprogo, Sleman, dan Gunungkidul cenderung cerah berawan,” katanya. (as)

Sumber : viva.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.