Donasi untuk Masjid di Jepang Pecahkan Rekor

0
541
Muslim Jepang / Onislam

JAKARTA, Beritalangitan.com — Penggalangan dana (donasi) secaraonline untuk pembangunan Masjid Chiba di Jepang melaluiwww.kitabisa.com berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 2 miliar.

Angka ini pun sekaligus mencetak rekor pengumpulan paling besar dari sebelumnya yakni kampanye untuk beasiswa pendidikan bola bagi Tristan Alif yang dijuluki “Messi Indonesia” dengan berhasil kumpulkan dana Rp 879 juta.

Kampanye crowdfunding untuk Masjid di Chiba ini diketahui berawal dari komunitas muslim Indonesia di Chiba (Jepang) yang bertahun-tahun menyewa tempat untuk beribadah. Tahun ini mereka mencoba membeli gedung untuk dijadikan masjid.

Adapun, batas akhir pelunasan adalah 20 September, jika tidak lunas uang muka akan hangus. Mereka kemudian melakukan berbagai cara untuk menggalang dana hingga akhirnya memulai kampanye diKitabisa.com. Dengan bantuan para netizen, laman tersebut telah dishare ribuan kali dan menjangkau jutaan melalui sosial media.

“Hingga Kamis (8/9) sudah terkumpul Rp 2.109.700.057 dari 4.000 donatur. Mayoritas donatur adalah masyarakat Indonesia sendiri yang melihat facebook post dari kitabisa yang dishare ribuan orang. Dan sebagian kecilnya adalah diaspora Indonesia dari berbagai negara,” kata CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur dalam siaran persnya pada Kamis (8/9).

Menurutnya, kampanye ini akan terus berjalan hingga tanggal 20 September. Ia mengatakan siapapun yang tertarik untuk berdonasi bisa langsung mengunjungi kitabisa.com/masjidchibajepang. “Klik tombol “Donasi Sekarang”, dari sana akan muncul nomor rekening yang bisa ditransfer,” kata dia.

Alfatih meyakini rekor pencapaian crowdfunding online di Indonesia akan terus tumbuh seiring dengan terus masuknya internet. Perkembangan internet membuat para calon donatur menjadi lebih mudah menyalurkan bantuannya. Kitabisa.com meyakini bahwa perkembangan teknologi tentu membuat upaya pengumpulan dana secara digital akan kian mudah.”

“Saya meyakini berdonasi secara online akan menjadi trend seiring dengan waktu. Mereka yang ingin menyalurkan dana kini bisa dengan mudah memilih kampanye apa saja yang ingin mereka dukung dalam satu klik,” kata dia.

Hingga saat ini Kitabisa.com sendiri telah mengumpulkan donasi Rp 30 miliar dengan lebih dari 2.000 kampanye. “Siapapun bisa menggalang dana di Kitabisa.com, mulai dari biaya medis, memberikan beasiswa, membangun rumah ibadah, dll. Tinggal bukawebsite kami dan klik tombol ‘galang dana’. Kami berusaha membuat proses galang dana menjadi lebih transparan dan viral,” kata Alfatih. (die)

 

Sumber : Republika

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.