Istana: Tak Hanya Produk, OKI Juga Boikot Segala Kebijakan Israel

0
705
Foto: Presiden Jokowi tutup KTT LB OKI (Laily/Setpres)

Jakarta, 9/3 (beritalangitan.com) – Presiden Joko Widodo menyerukan agar negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) memboikot semua produk Israel yang dibuat di tanah pendudukan. Menurut Jubir Presiden, Johan Budi, selain produk, Presiden juga menyerukan untuk memboikot segala kebijakan Israel terkait tanah pendudukan di Palestina.

“Jadi yang disampaikan Presiden kemarin itu boikot tidak hanya dalam bentuk barang, tapi juga kebijakan yang dibuat di tanah pendudukan, jadi produk dan kebijakan,” kata Johan kepada detikcom, Selasa (8/3/2016).

Johan menegaskan, berdasarkan Deklarasi Jakarta yang disepakati dalam  KTT Luar Biasa OKI pada Senin (7/3), Presiden Jokowi menyerukan negara peserta OKI memberikan dukungan dalam bentuk boikot produk dan kebijakan Israel yang dibuat di tanah pendudukan. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan OKI dalam usaha kemerdekaan Palestina.

“Jadi produk-produk Israel ya diboikot, bukan sekadar barang, tapi kebijakan. Kan ada itu kebijakan Israel terkait permukiman, pengungsi dan lain-lain, nah itu yang diboikot juga,” jelas Johan seraya menambahkan bahwa Indonesai sejak dulu tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Salah satu poin dalam Deklarasi Jakarta yang dihasilkan dalam KTT KLB OKI 6-8 Maret 2016 memang fokus untuk melakukan boikot terhadap Israel.

“Calling on the international community to support the boycott of products produced in or by the illegal Israeli settlements,” begitu bunyi Deklarasi Jakarta yang membahas soal boikot produk Israel. (die/Hbb/nrl)

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.