Kereta Murah Cianjur-Sukabumi Siap Operasi, Tiket Rp3.000

0
699
Ilustrasi/Layanan kereta api di Indonesia (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

Harga tiket akan dijual Rp3.000 dengan layanan tiga kali sehari.

Beritalangitan.com, 17/2 – PT Kereta Api Indonesia akan mengoperasikan layanan kereta relasi Cianjur-Sukabumi dalam waktu dekat. Jalur sepanjang 38,6 kilometer ini akan dilalui angkutan perintis KA Siliwangi dan melintasi Stasiun Cianjur, Cilaku, Cibeber, Lampegan, Cireungas dan Stasiun Gandasoli.

Dalam keterangan tertulisnya, seperti yang dilansir viva.co.id Kementerian Perhubungan mengaku telah melakukan sejumlah pekerjaan guna peningkatan prasarana jalan KA pada relasi Cianjur-Sukabumi tersebut.

Diantaranya penggantian rel bantalan kayu menjadi bantalan besi antara Stasiun Lampegan–Cibeber sepanjang  21,6 kilometer, perbaikan jalan KA yang longsor antara Stasiun Lampegan–Cibeber.

“Manteling dinding terowongan, peningkatan persinyalan, penanganan longsor dengan Retaining Wall Beton, dan penanggulangan badan jalan KA yang longsor akibat erosi aliran sungai,” tulis Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan tertulisnya, Rabu 17 Februari 2016.

Penunjukan PT KAI sebagai operator angkutan perintis kereta api pada relasi Cianjur-Sukabumi ini dilakukan selama delapan bulan. Terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Agustus 2016 dengan nilai kontrak sebesar Rp9,5 miliar.

“Melalui penunjukan ini perjalanan Cianjur–Sukabumi dan sebaliknya hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp3.000 dari tarif semula sebesar Rp10.000,” katanya.

Dijadwalkan pada Jumat 19 Februari 2016, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan meresmikan jalur kereta yang akan membawa 472 penumpang tersebut dan melayani perjalanan sebanyak tiga kali sehari. (as)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.