Ketua MPR: Empat Tantangan Besar Hadang Umat Islam

0
805
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

CISARUA, 30/1 (Beritalangitan.com) – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bahwa umat Islam saat ini menghadapi empat tantangan besar yakni SDM, ekonomi, paham sesat dan perbedaan antar ormas. Umat Islam harus  menghadapi persaingan ekonomi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan maraknya aliran sesat yang menyebar di Indonesia.

“Kita perlu memajukan ekonomi umat Islam karena selama ini umat Islam dipandang sebelah mata kalah bersaing dengan umat lain padahal muslim mayoritas di Indonesia,” ujar dia di Wisma DPR Sabha Kopo, Cisarua, Bogor, Sabtu (30/1).

Zulkifli mengingatkan agar umat Islam harus mampu meningkatkan sumber daya manusianya  sehingga menjadi lebih unggul daripada umat lain. Sehingga kemiskinan di kalangan umat muslim semakin berkurang.

Tantangan selanjutnya adalah bagi organisasi Islam khususnya Al Washliyah yang mampu dapat membina umat untuk menangkal radikalisasi. Munculnya Gafatar baru-baru ini yang memiliki paham sesat tidak hanya masuk di kalangan dengan ekonomi dan pendidikan rendah.

Paham ini masuk di setiap orang yang mudah diyakinkan dengan janji-janji manis dan cara yang mudah untuk masuk surga. Seperti dokter Rika yang rela meninggalkan keluarga besar dan suaminya dengan bayi yang masih tiga bulan.

Tidak mudah memang untuk menghapus paham-paham sesat. Tetapi Zulkifli yakin ormas Islam mampu untuk membina umat Islam agar tidak terpengaruh radikalisme.

Selanjutnya, ormas harus mampu mengatasi perbedaan diantara ormas lain. Sebagai umat Islam seharusnya dapat bersatu dan mengutamakan persamaan sehingga tercipta kerukunan diantara umat. (jm/republika.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.