Ini Cara Bahrun Naim Lolos Blokir di Dunia Maya

0
945
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo

Jakarta, 18/1 (beritalangitan.com) – Bahrun Naim yang dikenal sebagai peretas ulung tak pernah khawatir blog atau situs pribadinya diserang oleh lawan atau diblokir pemerintah. Ketika sejumlah situs dan blognya diserang oleh lawan, Bahrun Naim pun tenang

Pria bernama asli Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo itu mengaku memiliki tips dan trik untuk ‘mematahkan’ serangan lawan. Hal itu dia jabarkan dalam artikel berjudul, ‘Membaca Serangan Anonymous Terhadap Anshar Daulah’.

Anonymous adalah sebutan Bahrun Naim untuk orang-orang yang menyerang situs dan akun-akun kelompok dia.

Dalam artikel tersebut, Bahrun Naim menyebut ada tiga serangan yang harus diwaspadai. Pertama Scampage atau halaman palsu yang seolah-olah halaman asli suatu website.

“Anonymous diketahui membuat ribuan scampage untuk mendapatkan username dan password akun akun media sosial ansharud daulah,” tulis Bahrun Naim dalam blog pribadinya, www.bahrunnaim.co.

Serangan kedua adalah berupa Trojan Link. Trojan link yang dimaksudkan adalah RAT (Remote Administration Tool), yakni perangkat yang sering digunakan oleh administrator jaringan untuk mengendalikan clientnya.

“RAT server selain digunakan untuk menyadap semua data yang ada juga dapat digunakan untuk melumpuhkan sebuah server dengan serangan ddos (Distributed Denial of Service),” tulis Bahrun Naim.

Ketiga adalah Botnet Logger, yakni sebuah program otomatisasi dari sebuah perangkat yang mampu menjawab secara otomatis semua pesan dan pertanyaan yang ada.

Bahrun Naim menyiapkan beberapa cara untuk mengantisipasi serangan tersebut.

Antara lain dengan mempersiapkan banyak akun media sosial sekaligus. Dia juga mengingatkan untuk sering membackup hal penting dalam sebuah database.

“Dengan membackup database anda, maka anda dapat dengan mudah memunculkan kembali situs anda yang terbanned menjadi ribuan situs,” tulis Bahrun Naim.

Dia juga tak khawatir ketika situs atau blog pribadi, bahkan akun media sosialnya diblokir oleh pemerintah.

“Terkadang pemblokiran tersebut adalah sekedar pemblokiran oleh ISP, sehingga masih dapat anda akses menggunakan nomor IP di luar Indonesia,” kata Bahrun Naim.

“Sebagai mudahnya silakan pelajari bagaimana mengganti ip address menggunakan vpn, ssh, openvpn, vip72, socks, proxy, tor, dll,” pesan dia.

Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah yang memastikan bahwa blogs bahrunnaim.co adalah benar milik Bahrun Naim. Namun setelah peristiwa penyerangan di jalan Thamrin Kamis kemarin, Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir situs www.bahrunnaim.co.

Bila melihat blog Bahrun Naim yang tak khawatir situsnya diblokir, nampaknya pemerintah perlu mencari cara efektif untuk menangkal ajaran radikalisme. (die/erd/mad/detik.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.