14 Hari Operasi Patuh 2018 akan digelar Kepolisian serentak di Indonesia

0
686

Sukabumi, beritalangitan.com – Jelang bulan suci Ramadan, jajaran Kepolisian Republik Indonesia serentak menggelar Operasi Patuh 2018. Operasi ini akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 26 April s.d 09 Mei 2018. Dan untuk Jawa Barat operasi dinamakan dengan Ops Patuh Lodaya 2018.

Di Kota Sukabumi Dengan diawali upacara Gelar Pasukan  yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sukabumi AKBP Susatyo Condro Purnomo seluruh aparatur kepolisisan menyatakan siap mengikuti operasi yang digelar selama dua pekan ini.

Kasatlantas Polres Sukabumi Kota Ajun Komisaris Polisi M. Bima Gunawan.J.S.I.K mengatakan, operasi Patuh Lodaya bertujuan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang kamseltibcar lantas, serta menciptakan ketertiban dan keselamatan di jalan. Bima mengatakan, pelaksanaan operasi patuh ini rutin digelar menjelang idul fitri 1439 H.

Ajun Komisaris Polisi M. Bima Gunawan.J.S.I.K – Kasatlantas Polres Sukabumi Kota

“Berbeda dengan operasi simpatik yang bersifat hanya teguran atau himbauan, dalam operasi patuh ini kami akan melakukan tindakan sesuai ketentuan perundang-undangan pada setiap pelanggar lalu lintas. Juga akan memberi penindakan terhadap pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan,” ungkap Bima

Bima menjelaskan, operasi yang berlangsung selama 14 hari ini dilakukan terutama di lokasi rawan lakakantas dan kemacetan. Pelanggaran yang bakal dikenai tindakan tilang adalah sabuk keamanan, anak dibawah umur berkendara, mengemudi dalam keadaan mabuk, kelengkapan surat-surat, melawan arus lalulintas, tidak memakai helm, menggunakan ponsel saat berkendara dan melewati batas kecepatan. Selain itu, polisi juga akan memperhatikan kelengkapan kendaraan seperti spion, helm, lampu dan lainnya.

“Tindakan yang dikedepankan Polres Sukabumi Kota, hukum tegas namun terukur, meskipun tidak mengesampingkan aksi humanis dengan melaksanakan operasi penuh senyum salam dan sapa,” kata Bima

Ia mengimbau, agar operasi ini bisa dijadikan momentum buat masyarakat sebagai pengguna jalan untuk patuh. Operasi ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas saat berkendara.

“Dengan demikian, pada saat Ramadan dan masa mudik lebaran tercipta kondisi masyarakat pengguna jalan yang disiplin dan tertib hingga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Bima

Reporter : Andriansyah
Redaktur : D. Udas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.