Wapres JK: Peran mendunia KH. Hasyim Muzadi memperkuat Posisi Bangsa

0
535

JAKARTA, 17/3 (beritalangutan.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengakui peran mantan Ketua Umum PBNU almarhum KH Ahmad Hasyim Muzadi di dunia internasional dengan menghadirkan pemahaman Islam rahmatan lil alamin.

“Perannya yang mendunia turut memperkuat posisi bangsa dan negara Indonesia,” ujar JK yang mewakili Presiden Joko Widodo dalam sambutan singkatnya sebelum proses penguburan Kyai Hasyim dimulai, Kamis (16/03/2017), dikutip laman resmi NU Online.

Kepergian kyai kharismatik tersebut sejak kemarin hingga Jumat (17/03/2017) ini menjadi perbincangan masyarakat pengguna internet. Kicauan tentang “KH Hasyim Muzadi” masih menjadi tema paling tren dibahas netizen (trending topic) media sosial di Twitter.

Proses pemakaman anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu berlangsung di kompleks Pesantren Al-Hikam Depok, Jawa Barat. Pemakaman dilakukan sekitar pukul 17.05 WIB. Wapres JK didaulat menjadi Inspektur Upacara proses pemakaman tersebut.

Wapres JK berharap, semoga seluruh amal Kiai Hasyim diterima di sisi Allah Subhanahu Wata’ala, sekaligus menjadi suri tauladan yang baik dan patut diteruskan oleh generasi bangsa yang lain.

“Atas nama negara, kami persembahkan penghormatan akhir secara kenegaraan untuk KH Ahmad Hasyim Muzadi sebagai salah satu Wantimpres RI,” ungkapnya.

Ribuan pelayat dari berbagai elemen memenuhi pelataran Pesantren Al-Hikam Depok untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ketua Umum PBNU 1999-2009 itu.

Jenazah Kyai Hasyim yang tertutup bendera Merah Putih itu dishalatkan sekitar pukul 16.45 WIB. Selang beberapa menit, jenazah dibawa sejumlah personel militer ke tempat pemakaman di samping kanan Sekolah Tinggi Kuliyyatul Quran (STKQ) PP Al-Hikam Depok.

Proses pemakaman dihadiri oleh para kyai, aktivis pemuda, para pejabat tinggi negara, dan para Menteri Kabinet Kerja. Karangan bunga yang datang dari berbagai kalangan terlihat memenuhi jalan-jalan sekitar Pesantren Al-Hikam Depok.

Almarhum berpulang ke Rahmatullah Kamis pagi pukul 06.15 WIB, setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, akibat sakit yang dideritanya.

Sumber hidayatullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.