199 Gempa Susulan di Lombok

0
45
Foto, detik.com. doc
Lombok, beritalangitan.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau warga NTB untuk tetap waspada, sebab tercatat hingga malam ini ada 199 gempa bumi susulan pasca gempa lombok.
Sampai pukul 23.00 Wita tercatat sebanyak 199 gempa bumi susulan,” kata Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto dalam keterangannya, Senin (6/8/2018), dikutip dari detik.com

BMKG mengimbau warga tetap waspada dan sementara waktu menghindari bangunan yang rawan runtuh. Dia juga meminta masyarakat menjauhi daerah lereng atau tebing batuan yang rapuh karena dikhawatirkan rawan longsor.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan gempa 7 SR pada Minggu (5/8) berpotensi menimbulkan tsunami meski letak episenternya berada di darat. Penyebabnya, sumber gempa bumi bukanlah suatu titik, tetapi merupakan bidang patahan yang menerus atau melampar memanjang hingga bidang patahan atau robekan batuan tersebut masuk di dasar laut di dekat pantai Lombok di bagian utara.

Data sementara, gempa lombok berkekuatan 7 SR pada Minggu (5/8) mengakibatkan 98 orang meninggal dunia dan 236 orang terluka. Ada ribuan rumah rusak, terbanyak di wilayah Lombok Utara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.