5 Penyelenggara Pernikahan Sejenis di Bali

0
2255
Ilustrasi

Beritalangitan.com, 01/01 – Tidak sesuai dengan undang-undang pernikahan di Indonesia, pernikahan sesama jenis nyatanya demikian eksis. Penyebaran foto pernikahan sesama jenis Tiko Mulya dan Joe Tully di Bali hanyalah puncak gunung es dari kenyataan ini. Setelah digali lebih jauh, berbagai penyelenggara pernikahan atau yang secara populer disebut WO (Wedding Organizer) banyak ditemukan, bahkan tumbuh subur di Pulau Dewata.

Banyaknya WO untuk pernikahan sejenis di Bali boleh jadi ditunjang oleh keberadaan klub hiburan malam di tempat yang sama. Di sepanjang jalan Kuta, misalnya, kita dapat menemukan setidaknya tiga klub hiburan malam. Namun, korelasi antara keduanya tentu memerlukan penelitian lebih lanjut.

Apa sajakah nama penyelenggara pernikahan tersebut? Mari simak 5 Penyelenggara Pernikahan Sesama Jenis di Bali seperti yang dilansir selasar.com :

  1. Gay Wedding Bali

Hadir dengan nuansa warna ungu yang dominan, Gay Wedding Bali menawarkan paket-paket pernikahan untuk kaum sesama jenis. Perusahaan asal Belanda ini menawarkan lima paket pernikahan. Paket-paket tersebut adalah beach wedding, exclusive beach front wedding at Jogla Gundul sea view, resort wedding, gili air beach wedding and honeymoon, dan honeymoon package.

Situs ini juga menyediakan pakaian pernikahan, utamanya ialah kebaya dan suits alias setelan jas. Bekerja sama dengan weddingkebaya.com, mereka menyediakan jasa rias rambut dan make up sekaligus pengukuran setelan jas.

Selain itu, jasa yang mereka sediakan adalah dokumentasi video dan foto. WO yang berpengalaman menyelenggarakan pernikahan sesama jenis di Amsterdam ini juga menyediakan venue sesuai keinginan kliennya.

  1. Bali Rainbow Wedding

Bali Rainbow Wedding mengklaim dirinya sebagai salah satu WO berpengalaman di Bali. Yang membedakan, klaim mereka, adalah tujuan mereka yang tidak hanya menyelenggarakan pernikahan antara ‘Romeo dan Julias’, tetapi juga ‘Romeo dan Romeos’ serta ‘Julia dan Julias.’ Berikut adalah kutipannya.

At Bali Rainbow Weddings, we do not judge what partner you chose, whose love you need so much, whose presence you cannot live without. What we see every day is: Two adults very much in love with each other and treating each other with utmost respect and dignity. And for all those Romeo+Julias, and Romeo+Romeos, and Julia+Julias, Bali Rainbow Weddings offers its unrivalled wedding and stunning receptions services – tailored for each couple in deep consideration for their wonderful love.

Bali Rainbow Weddings berada di bawah naungan Bali Rainbow Group. Selain menjalankan usaha WO, grup bisnis ini juga menjalankan usaha lainnya melalui Bali Rainbow Travel dan Bali Rainbow Events.

  1. Bali Gay

Bali Gay mengklaim dirinya sebagai sekumpulan profesional dalam dunia pariwisata yang berpengalaman dalam industri travel di Bali sejak 1992. Didirikan oleh Rio Maryono, perusahaan ini dimiliki dan dioperasikan oleh gay dan menjadi agen perjalanan yang dikenal secara global untuk layanan kepada komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, and Transgender).

Namun demikian, mereka memfokuskan dirinya pada ranah tour and travel. Hal ini terlihat dari banyaknya paket tur yang ditawarkan. Selain itu, mereka juga memiliki male resorts yang diperuntukkan bagi kaum gay.

  1. Bali Grace Wedding

Pada halaman web utamanya, Bali Grace Wedding menekankan bahwa setiap orang setara, bahkan hubungan sesama jenis pun ingin merasakan hal yang sama dengan lainnya. Hal yang dimaksud ialah merayakan cinta dan dikelilingi oleh orang yang dicintai. Berikut adalah kutipannya.

Everybody made equal, even same sex relationships (Lesbian or Gay) want to feel the same things as the other. Celebrating their love and surrounded by the loved one, is the dream of every lovers.

Selain itu, situs ini juga mengatakan bahwa di Bali, memungkinkan untuk mewujudkan mimpi (pernikahan sejenis). Situs ini mengungkapkan, orang-orang di Bali bersikap sangat toleran dengan LGBT. Dengan kata lain, orang Bali bukan orang-orang yang cenderung menghakimi.

  1. Utopia-Asia

Situs ini adalah yang terlihat pada mesin perambah Google saat Anda hendak mencari WO pernikahan sesama jenis di Bali. Sekilas, mereka kelihatannya juga menyediakan layanan pernikahan sejenis di Pulau Dewata. Bedanya, mereka mengkhususkan diri pada villa yang disewakan secara pribadi (private villa).

Sayangnya, ketika diklik, situs ini tidak dapat diakses. Anda akan diarahkan pada laman web internet-positif.org. Di laman tersebut, dikatakan bahwa ‘situs terlarang tidak dapat diakses melalui jaringan ini karena terindikasi mengandung salah satu unsur pornografi, judi, phising, SARA, atau Proxy. (As/Zulfian Prasetyo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.