ACT dan BIsNet Foundation Gelar Pelatihan Manajemen Masjid

0
434

Cianjur, beritalangitan.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) bekerjasama dengan BIsnet Foundation dan sejumlah komunitas Cianjur seperti Santri On The Streets, Pemuda Berbenah, Rehab Hati dan komunitas lainnya mengadakan pelatihan manajemen masjid bersama Tim Masjid Jogokariyan Jogjakarta, Pelatihan ini dipusatkan di Masjid Al Azhar Cianjur, Jalan Dr. Muwardi No.182 Kabupaten Cianjur, Sabtu (29/02/2020)

Acara tersebut dihadiri oleh sekertaris BAZNAS Cianjur, H. Ending dan Sekertaris Al-Azhar Jawa Barat, H Atte Adha Kusdinan.

Dalam kesempatan ini H. Atte menyampaikan bahwa Cianjur adalah Kota Santri, namun sangat di sayangkan masjid hanya di isi oleh segelintir orang saja jika dibandingkan jumlah penduduk yang ada.

“Saya harap dengan adanya pelatihan ini bisa menambah pemahaman para takmir masjid dalam mengelolan masjid dengan tepat.” ujarnya.

Sedangkan Trisna Adi Permana selaku kepala cabang ACT Bandung mengatakan, semoga acara ini bisa membuka cakrawala para takmir masjid bahwa takmir masjid itu bukan penguasa masjid tapi pelayan masjid.

“Bagaimana Masjid ini bisa di gunakan berbagai hal positif, jangan sampai di kunci-kunci, sehingga masjid tidak bisa digunakan orang beristirahat dan sebagainya.” imbuhnya.

Ustadz Muhammad Rosidi selaku pemateri dalam pelatihan ini menyampaikan, Ketika bekerja untuk Alloh, mengurusi rumah Nya dan melayani tamu-tamu Nya (para jamaah), maka kesungguhan hati dalam bekerja bernilai sangat tinggi bagi kita.

“Alloh SWT akan menggaji kita dengan maksimal atas pekerjaan kita itu. Dunia dan akhirat.”tuturnya.

Masjid yang makmur itu adalah masjid yang memberikan keberkahan, dan kemanfaatan. Ukuran masjid makmur yaitu seberapa banyaknya jamaah yang hadir saat solat berjamaah, dan seberapa bermanfaat masjid tersebut bagi masyarakat.

Karena masjid bukan hanya tempat bersujud, tetapi mensujudkan orang lain dan bisa digunakan untuk mengurusi ummat, menimba ilmu dan menenangkan hati.

Di akhir sesi kegiatan pelatihan ini ditutup dengan penyaluran wakaf Al-Qur’an dari BIsnet Foundation kepada masyarakat

Reporter : R. Fajar Syam
Editor : Andriansyah
Redaktur : D. Udas
Email : redaksi@beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.