Awal Tahun, Menag ke Jeddah Teken MoU Haji 2017

0
404

JAKARTA, 1/1 (beritalangitan.com) – Perihal penyelenggaraan haji tahun 1438 H/2017, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan bertolak ke Jeddah, Arab Saudi untuk menandatangani Nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) terkait urusan itu.

“Tanggal 4 Januari nanti saya akan ke Jeddah untuk menandatangin MoU Haji 2017,” ujar Menag Lukman di Masjid Al-Munir Kompleks Itjen Kemenag, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dalam penandatanganan itu, terangnya, juga akan dirampungkan terkait jumlah kuota jamaah haji asal Indonesia pada musim haji mendatang.

“Kita terus berupaya agar ada penambahan. Untuk jumlahnya tentu kita berharap sebanyak mungkin,” jelasnya.

Daya Tampung Mina Terbatas

Namun, Lukman mengungkapkan, ada yang harus diperhatikan terkait persoalan penambahan kuota. Mengingat, kata dia, daya tampung Mina sudah sangat terbatas.

“Kalau Masjidil Haram bisa diperluas seluas-luasnya, begitu juga yang lain. Tapi kalau Mina, itu menurut syar’i yang sudah terbatas ya segitu,” jelasnya.

Hal itu, menurut Lukman, yang juga harus dipahami semua negara.

“Persoalannya bukan karena pemerintah Saudi tidak memberikan tambahan kuota, tapi juga demi keselamatan jamaah haji itu sendiri,” tandasnya.

Lukman menyampaikan, kemungkinan pihaknya akan memanfaatkan jatah dari sisa kuota negara tetangga yang tidak terserap untuk penambahan kuota jamaah haji Indonesia.* Hidayatullah.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.