Baznas Jabar Peduli Bencana Longsor Cililin

0
606

BANDUNG, 14/3 (beritalangitan.com) – Fenomena longsor kerap kali terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Barat, banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi yang salah satu nya adalah curah hujan tinggi yang akhir – akhir ini intensitasnya sangat tinggi di sejumlah daerah di Jawa Barat.

Bencana longsor yang menyita perhatian kita saat ini terjadi di Desa Cililin Kab. Bandung Barat, tepatnya pada hari Jum’at tgl 10 Maret 2017 pukul 20.36 WIB terjadi hantaman longsor yang menyebabkan 4 rumah rusak berat, 2 korban luka berat dan 3 korban luka ringan. Saat ini sebanyak 195 KK warga diungsikan di beberapa titik aman.

Baznas Tanggap Bencana Jawa barat (BTB Jabar) selaku salah satu organ bentukan Baznas Jawa Barat yang tugasnya adalah penanganan bencana segera melakukan respon secepat mungkin untuk membantu warga terdampak.

BTB Jabar berkordinasi dengan BPBD Jabar, BPBD Kab Bandung Barat untuk melakukan aksi sigap bencana longsor untuk melakukan penanganan yang tepat dan sesuai kebutuhan para warga yang terdampak. Maka hasil kordinasi yang dilakukan tersebut adalah perlu adanya penanganan logistik untuk kebutuhan warga yang mengungsi.

BTB Jabar bersama PMI Bandung Barat, Tagana Bandung Barat membuka pos Dapur Umum untuk memenuhi kebutuhan logistik makanan khusus untuk warga terdampak yang mengungsi. Sebanyak 235 orang yang mengungsi mendapatkan kebutuhan makan dan minum juga kesehatan yang layak dari para relawan yang bertugas. Dan memang aksi tanggap bencana ini belum bisa ditentukan hingga kapan berakhirnya sambil melihat kondisi alam dan cuaca di daerah Cililin Kab Bandung Barat.

“Saat ini kami menerjunkan 5 orang relawan BTB Jabar untuk berkolaborasi dengan pihak PMI dan Tagana setempat dengan fokus penyediaan Dapur Umum untuk warga pengungsian, yang memang kami belum memberikan kepastian kepada mereka sampai kapan mereka berada di pengungsian mengingat kondisi tanah yang labil dan curah hujan masih sangat tinggi intensitasnya” Ujar Rahmadian selaku Komandan BTB Jabar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.