Belajar Mengelola Waktu

0
788

Jakarta 4/8 (beritalangitan.com) – Baru-baru ini Kompas Corner  Universitas Multimedia Nusantara menyelenggarakan seminar manajemen waktu yang bertajuk Kuliah Kreatif, Waktu adalah Karya, Senin (23/03). Lucia Maria Ayu Kartika, Manajer Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Harian Kompas menjadi pembicara dalam seminar yang diperuntun bagi mahasiswa.

Ayu mengajak mahasiswa untuk mengingat apa saja kegiatan rutin apa saja mereka lakukan setiap harinya. “Aktifitas rutin yang dilakukan mahasiswa bisa saja menjebak mahasiswa dalam rutinitas “robotic”. Kata ayu.

Memang apabila melakukan rutinitas tanpa mengetahui tujuan atau alasan dari dilakukannya rutinitas tersebut, membuat diri kita jauh dari proses kreatif dan akan lebih jauh dari makna ibadah bila tidak dilakukan atas dasar ilmu. Karena manusia pada dasarnya melakukan semua kegiatan didunia ini hanya untuk beribadah semata.

Selain itu, Ayu juga mengingatkan mengenai kebiasaan mahasiswa yang cenderung suka menunda pekerjaan karena deadline yang masih lama. Ayu menjelaskan mahasiswa kerap menunda hal-hal kecil, padahal pekerjaan dapat diselesaikan secara bertahap. Bila mahasiswa tidak bisa mengontrol dirinya maka jadilah mahasiswa itu sebagai ‘makhluk last minute’

Seminar ini mendapat respons positif dari mahasiswa baik dari sisi pembicara maupaun materi.  Seperti  Sarah Nafisah mahasiswa jurnalistik 2012 yang berpendapat bahwa mengelola waktu merupakan hal penting bagi manusia karena waktu tidak dapat terulang kembali,  terlebih bagi mahasiswa yang suka menunda mengerjakan tugas. Jangan sampai kita diperbudak oleh waktu karena mengerjakan suatu hal yang tidak bermanfaat.

Mahasiswa kerap disibukkan dengan berbagai kegiatan baik di kampus maupun di luar kampus. Tak jarang kesibukkan mahasiswa menjadi pemicu tidak disiplinnya mengelola waktu dan kerap melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat yang melanggar agama, etika dan etiket. Hal ini lah yang menajadi latar belakang terlaksananya seminar manajemen waktu.

“Mahasiswa dituntut memiliki rutinitas yang tinggi, dengan adanya seminar ini, diharapkan teman-teman mendapat ilmu dan tau bagaimana cara mengelola waktu dengan baik, agar rutinitas tidak dijadikan beban,” kata Peter Pangestu, ketua Kompas Corner, UMN. (ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.