Benarkah Kita Sudah Merdeka?

0
760

beritalangitan.com – Indonesia sudah memasuki usia 70 tahun, namun sudahkah kita benar-benar merdeka? Di tengah gempuran impor dari berbagai negara lain, negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua setelah Brazil ini masih memilih impor garam demi memenuhi kebutuhan rakyatnya. Negara yang dijuluki jamrud khatulistiwa ini juga memilih impor beras untuk rakyatnya dan masih memilih impor daging dengan harga selangit.

Sudahkah kita merdeka di saat adanya rentang yang cukup jauh antara si kaya dan si miskin? Di saat kita dijajah bangsa sendiri, sudah berapa banyak koruptor berseliweran tiap hari di berita tv nasional? Mereka bahkan seolah-olah tidak malu untuk tersenyum dan melambaikan tangan ke para awak media. Mereka mengambil yang bukan haknya, yang seharusnya bisa untuk berbagai kepentingan rakyat.

Sudahkah kita merdeka di saat masih banyak anak-anak dan perempuan menjadi korban perdagangan manusia? Di saat banyak anak-anak masih berkeliaran di jalan, dieksploitasi orang tua mereka sendiri, berapa banyak anak-anak yang tidak bisa menempuh pendidikan? Berapa banyak anak-anak dan perempuan yang mengalami pelecehan seksual? Bahkan negara ini tak cukup aman untuk anak-anak dan perempuan. Tak usah soal anak dan perempuan, untuk pohon-pohon dan binatang tak berdosa saja, kita tak bisa menjaga!

Sudahkah kita merdeka di saat layanan BPJS tidak bisa menyelamatkan nyawa seorang manusia,  di saat mahalnya biaya untuk kesehatan? Sudahkah kita merdeka? Sudahkah kita bisa mandiri dan berpijak kuat di negara kita sendiri? Sudahkah kita memanfaatkan sumber daya manusia yang ada? Sudahkah kita memenuhi janji kemerdekaan dari para pejuang kemerdekaan dahulu? Sudahkah kita merdeka di saat negara lain bebas menambang “emas” di negara ini?

Semoga para pemuda negara ini mempunyai kesadaran tinggi untuk mencintai tanah airnya, mampu menjadi pelindung untuk sesama warga negaranya, sesama makhluk hidup dan alamnya, serta siap membangun negara Indonesia menjadi lebih baik, sekarang dan mendatang.

Negara ini harus bisa berkembang, bersatu padu, dan tidak bercerai-berai. Saya, kamu, kalian, dan mereka harus paham, tidak boleh ada lagi yang memakan hak makhluk hidup lain dan tidak ada lagi rakus demi kepentingan sendiri. Negara ini dibentuk dari darah dan perjuangan. Sudah seharusnya kita menjadikan negara ini lebih maju dan mewujudkan kemerdekaan yang sesungguhnya. Jadi, tanyakan lagi ke diri kalian masing-masing. Sudahkah kita merdeka? Benar-benar merderka? dilansir dari http://www.sinarharapan.co/(ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.