Berapa Jumlah Tulang dalam Tengkorak Manusia?

0
2356

Beritalangitan.com – manusia memiliki organ tubuh yang sangat penting yaitu otak, otak berisi memori dan bertugas mengontrol perilaku serta aksi manusia. Maka prosesor dalam komputer meniru cara kerja otak manusia

Saking pentingnya, otak dilindungi cranium atau tengkorak yang terdiri dari 22 tulang yang menjadi satu. Mereka adalah tulang neurocranium yang terdiri dari ethmoid, sphenoid, frontal, dan tulang oksipital (masing-masing), dan kemudian ada parietal dan temporal (dua masing-masing). Jika Anda mengeluarkan ethmoid dan sphenoid dari daftar, Anda memiliki tulang calvaria (skullcap).

Calvaria adalah subdivisi dari neurocranium. Ketika menyebut calvaria, maka Anda hanya mengatakan tentang tulang pada bagian superior dari tempurung kepala.

Tengkorak manusia dewasa melindungi otak berbobot 1,5 kg atau hanya 2 persen dari berat manusia. Meski hanya bagian kecil, otak menyedot 20 persen energi tubuh.

Tengkorak wajah tidak termasuk gigi dan tulang rawan yang membentuk hidung. Ada 14 tulang di tengkorak wajah, yakni mandibula (tulang rahang), vomer (memberi bentuk hidung) dan serangkaian tulang terpasang: nasalis, rahang, lakrimal, zygomatic, palatine, dan conchae hidung bawah.

Wajah juga dibentuk oleh tulang rawan hidung (kelompok struktur jaringan ikat yang memberi bentuk kerangka hidung) dan gigi, lengkung atas gigi yang melekat pada maksila dan lengkung bawah gigi yang melekat pada mandibula.n(aw)

Sumber : okezone.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.