BisNet Gandeng Syamil Qur’an Gelar Pelatihan Membaca Qur’an dengan Metode Tikrar, “Hafal tanpa Menghafal”

0
243

Sukabumi, beritalangitan.com – Yayasan beritalangitan islamic Network (Bisnet) Foundation bekerjasama dengan Syaamil Quran syigma menyelenggarakan Pelatihan Menghafal Al-Qur’an dengan metode Tikrar “Hafal Tanpa Menghafal”.

Metode yang digelar adalah metode yang mulai buming saat ini, yaitu metode yang dapat memudahkan penghafal untuk menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan mudah. Kegiatan ini diselenggarakan di Masjid Raya Baiturrahim Jl. Sukabumi, Jayamekar, Kec. Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43166 Sabtu (21/12/2019).

Pada kegiatan ini BisNet Foundation selaku penyelenggara mengundang beberapa tokoh, seperti Wali Kota Sukabumi, Wakil Wali Kota Sukabumi,Ketua Majlis Ta’lim Masjid Agung Sukabumi Ibu Hj. Yuyun, Kapolesk Baros, Koramil Baros dan beberapa komunitas seperti Bale Kreatif dan Kemudian mengundang juga Dewan guru mulai dari guru Paud hingga SMA/SMK dan Dosen-dosen beserta mahasiswa dan mahasiswi dari beberapa Universitas yang berada di kota sukabumi.

Ketua Yayasan bisnet foundation Drs. Deni Husnaeni mengatakan berdasarkan hasil survey BPS pusat dan hasil survey Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta disebutkan bahwa 65% umat Islam di Indonesia ternyata masih buta aksara al-Qur’an dan 35% nya hanya bisa membaca al-Qur’an saja. Sedangkan dari 35% tersebut yang dapat membaca dengan benar itu hanya 20% saja, sehingga kami bisnet foundation tergerak untuk melahirkan sebuah program gerakan Wakaf 1 Juta al-Qur’an Untuk Keluarga Indonesia, atau singkat “WAQI”

Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi melalui Kabag Kesra Drs. Aang Jaenudin MP.d menyampaikan bahwa menurut survei, lebih dari 20,000 orang di sukabumi masih buta huruf alquran, semoga metode ini dapat diterima di sukabumi dan dapat menjadi rujukan. Dan metode yang bisnet ini diharapkan memberi kemudahan kepada masyarakat sukabumi, dan insya Alloh kedepannya pemerintah kota sukabumi akan memfasilitasi bisnet foundation untuk terus meneerus melaksanakan kegiatan tersebut

Dalam pelatihan ini Bisnet Foundation tadinya hanya menargetkan 200 peserta saja yang sudah mendaftar secara online, tapi ternyata peserta sudah mencapai 300 orang. Peserta yang hadir di pelatihan ini mulai dari anak-anak hingga orang tua yang sudah lanjut usia, namun antusias dan penuh semangat.

Sebelum dimulai platihannya mc mengajak jamaah untuk icebreaking selama 5 menit agar peserta yg mengikuti platihan tidak tegang, Pemateri yang hadir dalam kegiatan ini adalah ustadz Yudi Imana. Selain pemateri memberikan Teori saat pelatihan, peserta pun di ajak untuk mempraktekkan bagaimna cara menghafal dengan metode tikrar caranya dengan “Menghafal Al-Quran tanpa ada beban mudah caranya hanya tilawah diulang ulang selama 30 menit”

Dalam kesempatan ini juga dibagikan sejumlah al Qur’an dari program waqi BisNet. Perwakilan penerimaan wakaf Alquran diberikan kepada beberapa komunitan dan intansi, seperti wali kota dan wakil wali kota sukabumi, bale kreatif sukabumi, disdukcapil sukabumi, niqob squad sukabumi, universitas sukabumi, komunitas ojol sukabumi dan majlis ta’lim masjid agung sukabumi

Reporter : tri Susilo
Editor : Udas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.