BNPB Nyatakan 169 Titik Banjir di Jabodetabek, Kota Bekasi Terparah

0
143

Jakarta – beritalangitan.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memetakan tak kurang dari 169 titik banjir yang terjadi di Jabodetabek per tanggal 01-01-2019. Wilayah yang paling banyak terdampak yakni Kota Bekasi dan Jakarta Selatan.

Kapusdatinkom BNPB, Agus Wibowo, memaparkan ada 97 titik banjir yang ditemukan di Jawa Barat dan 63 titik di provinsi DKI Jakarta. Sisanya, sebut Agus ditemukan di Banten sebanyak 9 titik.

“Banjir awal tahun ini menggenangi wilayah yang cukup luas di wilayah Jabodetabek. Titik banjir terbanyak berada di Provinsi Jawa Barat 97 titik, DKI Jakarta 63 titik dan Banten 9 titik,” kata Agus dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (2/1/2020).

Agus mengatakan 9 titik terdampak di Banten yakni 3 titik di Kota Tangerang dan 6 titik di Tangerang Selatan. Sementara itu 63 titik di DKI Jakarta yakni 7 titik di Jakarta Barat, 2 titik di Jakarta Pusat, dan 39 titik di Jakarta Selatan.

Sisanya, Agus menyebut ada 97 titik di Jawa Barat dengan rincian 32 titik di Kabupaten Bekasi, 53 titik di Kota Bekasi, dan 12 titik di Kabupaten Bogor. Dia menyimpulkan Kota Bekasi dan Jakarta Selatan yang paling terdampak banjir.

“Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa wilayah yang paling terdampak banjir adalah Kota Bekasi (53), Jakarta Selatan (39), Kab. Bekasi (32), dan Jakarta Timur (13),” ucapnya.

Sementara itu, Agus juga mencatat kedalaman banjir tertinggi sebesar 2,5 meter yang terjadi di Perum Beta Lestari, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi. Sedangkan titik lainya bervariasi dengan genangan setinggi 1 hingga 2 meter.

“Kedalaman banjir tertinggi sebesar 2,5 m terjadi di Perum Beta Lestari, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi. Sedang genangan dengan kedalaman 1 – 2 m terdapat 49 titik,” jelas dia.

Dikutip dari detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.