Bupati Sukabumi Launching Gerakan Bebas Buta Baca Tulis Al-Quran

0
198

Sukabumi, Beritalangitan.com – Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi memperingati hari jadinya yang ke-72 sebagai “Hari Amal Bakti (HAB) yang diselenggarakan di halaman Kemenag Kab. Sukabumi yang beralamat di Jalan Pelabuan II Sukabumi – Jawa Barat, Rabu (03/01/2018)

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum MUI Kabupaten dan Ketua MUI seluruh Kecamatan Se-Kabupaten Sukabumi, Ketua Baznas, Unsur TNI – Polri , Dewan Masjid Indonesia (DMI), Kepala KUA, Penghulu, Penyuluh dan Pengawas, Ketua DPD BKPRMI, Kepala Madrasah dan Pengurus OSIS Se-Kabupaten Sukabumi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Pada acara tersebut Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami sebagai inspektur  Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti Kementrian Agama RI ke 72 Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerahkan piala serta piagam penghargaan untuk Juara lomba RA/Madrasah Unggul dan Sehat dalam rangka HAB Kementrian Agama Tingkat Kabupaten Sukabumi yang telah di laksanakan pula “Launching Gerakan  Sukabumi Bebas Buta Baca Tulis Al-Quran”.

Bupati mengatakan “Kementrian Agama hadir untuk mengatur, membimbing melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur Kementrian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain, mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, serta memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama” jelasnya.

Di tempat yang sama kepala Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi, Dr. H. Hilmy Riva’i, M.Pd. menjelaskan dalam acara Hari Amal Bakti sekaligus “Launching Gerakan  Sukabumi Bebas Buta Baca Tulis Al-Quran” yang berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Berawal dari survei di lapangan kecamatan Cidahu dan juga Munakosah yang dilakukan penyuluh KUA. Bahwa sangat menghawatirkan sekali ternyata anak didik di Kabupaten Sukabumi dalam presentase ternyata lemah dalam baca tulis Al-Qur’an di tingkat SD, SMP maupun SMA.” tuturnya.

Hilmy Riva’i mengatakan Kab.Sukabumi ini Kabupaten yang sangat religius dan juga terdapat 700 pesantren lebih tetapi sangat ironis sekali ketika anak didik ternyata masih banyak yang buta hurup Al-Qur’an.

Sehingga Kementrian agama dan Pemerintah Sukabumi sepakat dan telah menandatangani penyusunan SK team penyuluh Pemberantasan Buta Buruf Baca Al-Quran di Kabupaten Sukabumi.

Hilmy Riva’i berharap agar seluruh masyrakat dengan hadirnya perbub ini pasti ada yang pro dan kontra dan tugas kami kementrian agama agar dapat mensuport masyarakat agar dapat menyambut baik perbub ini paparnya.

Teknisnya Kementrian agama akan mengerahkan seluruh unsur terkait yang berada di bawah kementrian agama agar dapat bekerjasama dalam penanganan buta hurup baca Al-Qur’an di Kabupaten Sukabumi ini.” pungkasnya.

Reporter    : Andriansyah

Editor        : D Udas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.