Bupati Sukabumi Secara Resmi Buka Pentas PAI SD Tingkat Kabupaten

0
642

Sukabumi, beritalangitan.com – Kementerian Agama bersama Dinas Pendidikan serta Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kabupaten Sukabumi selenggarakan Sapta (tujuh) lomba pada Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Sekolah Dasar di Pantai Palampang Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, Jum’at (09/02/2018).

 

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dari tingkat gugus sekolah dasar di tingkat kecamatan sampai ke tingkat nasional.

 

Adapun Sapta lomba tersebut meliputi Lomba Cerdas Cermat (LCC), Lomba Dacil, Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Kaligrafi, Lomba Hifdzil Qur’an, Lomba Praktik Sholat Berjamaah serta Lomba Qasidah.

Kegiatan Pentas PAI tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi, Dr. Maman Abdurahman, M.Pd., Kepala Kantor Kementerian Agama, Drs. H. Hilmy Riva’i, M.Pd., Ketua PGRI, H. Tubagus Wahid Ansor, S.Pd, M.Si., dan unsur Forkopimda, serta unsur terkait lainnya.

 

Dikatakan kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurahman pada sambutannya, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang berjenjang. Mulai perlombaan tingkat kecamatan hingga nasional.

 

“Ini merupakan agenda tahunan yang bekerja sama dengan Kementerian Agama. Ada 7  lomba yang dikompetisikan,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Bupati Marwan dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan pendidikan baik yang dilaksanakan pada lembaga formal maupun non formal hendaknya mengutamakan pembentukan generasi yang berkualitas, menguasai Iptek serta melaksanakan Imtak (Iman dan Taqwa) dalam berkehidupan sehari-hari. Menurut Marwan, pelaksanaan Pentas PAI selain menyelenggarakan beraneka lomba yang bernuansa religi, juga diharapkan dapat menjadi salah satu sarana aktualisasi diri bagi para peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan dan pengamalan nila-nilai Agama Islam.

“Mudah-mudahan, kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi kepada para peserta didik untuk belajar ilmu agama, karena pendidikan agama adalah tiang dan pondasi untuk mewujudkan Sukabumi yang lebih baik,” ujar Marwan.

Dalam kesempatan tersebut, Marwan juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut Marwan, penyelenggaraan Sapta Lomba pada Pentas PAI di Kab. Sukabumi diharapkan bisa diselenggarakan secara rutin setiap tahun, pasalnya moment bernuansa Islami tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka optimalisasi potensi dan SDM di Kab. Sukabumi.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi, mengajak kepada seluruh masyarakat Sukabumi untuk bersama-sama membina, mendidik serta melatih anak-anak kita. Keluarkan bakat-bakatmu dan tunjukan prestasimu anak-anak Sukabumi, saya percaya guru dan anak-anak sekolah di Sukabumi hebat-hebat. Selamat bertanding dan tetap semangat,’’ kata Marwan diakhir sambutannya sekaligus secara resmi membuka Pentas PAI Tingkat Kabupaten Sukabumi.

 

Rep : Ramdan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.