Daftar 10 Gunung Api Paling Berbahaya di Dunia, Dua di Indonesia

0
610
Gunung Kelud, di Jawa Timur, masuk dalam daftar 10 gunung api paling berbahaya di dunia (Shutterstock)

Beritalangitan.com – Sejumlah peneliti di University of Manchester, Inggris dibantu oleh komunitas peneleiti gunung telah menyusun sebuah daftar berisi 10 gunung berapi paling berbahaya di dunia. Dua dari 10 gunung api berisiko itu berlokasi di Tanah Air.

Daftar yang diterbitkan secara berseri di blog Volcano sejak Oktober itu berisi gunung-gunung berapi yang punya potensi meletus dalam 100 tahun ke depan dan dampaknya bisa menyebabkan lebih dari 1.000.000 orang tewas.

Tujuan dari penelitian itu, kata Albert Zijlstra, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam riset itu, adalah untuk menyoroti gunung-gunung yang belum diteliti dengan cukup seksama, tetapi memiliki potensi letusan yang bisa mengguncang sebuah kawasan bahkan dunia.

“Ada beberapa negara yang tidak cakap dalam memantau gunung-gunung berapinya. Banyak dari gunung-gunung api ini yang berada dekat dengan pemukiman manusia,” kata Zijlstra.

“Terakhir kali daftar seperti ini dibuat sekitar 25 tahun silam dan daftar itu hanya berisi gunung api di negara-negara maju, yang mudah dijangkau para ilmuwan. Daftar baru kami berisi gunung-gunung dari seluruh dunia, termasuk di negara miskin,” lanjut dia.

Ia mengatakan bahwa sejak letusan Tambora di Nusa Tenggara Barat pada 1815, belum ada lagi letusan besar gunung api yang bisa memengaruhi peradaban manusia di dunia.

“Peluang letusan akbar seperti itu saat ini peluangnya satu berbanding tiga,” jelas dia.

Dalam daftar Zijlstra, Iwo Jima di Jepang menduduki urutan pertama. Menurut riset para ilmuwan, gunung itu kini 20 meter lebih tinggi dibandingkan dengan ketika invasi Amerika Serikat pada Perang Dunia II di 1945. Bertambahnya tinggi gunung itu dipicu oleh semakin luasnya volume ruang lahar di dalam gunung tersebut.

Gunung yang terletak di pulau tersendiri itu terus bertambah besar dan meningkat 1 meter setiap empat tahun. Para peneliti mengatakan Iwo Jima bisa meletus kapan saja dan itu berarti seluruh pulau tersebut akan meledak.

Meski tak didiami oleh banyak penduduk, jika meletus Iwo Jima bisa memicu gelombang tsunami yang menyapu Jepang bagian selatan, pesisir Cina termasuk Shanghai dan Hongkong. Para peneliti memperkirakan, jika Iwo Jima meletus maka gelombang tsunami yang dipantiknya bisa mencapai 25 meter.

Dampak letusannya diperkirakan bisa setara dengan letusan Gunung Kuwae di Vanatua pada 1458, yang memicu gelombang tsunami setinggi 30 meter di utara Selandia Baru, dan menjadi faktor utama hilangnya kebudayaan Polynesia.

Berikut adalah daftar 10 Gunung Api Paling Berbahaya di Dunia:

1. Iwo Jima, Jepang. Kawasan yang akan terdampak: Jepang, Filipina, dan Cina

2. Chiltepe/Apoyeque, Nikaragua. Kawasan terdampak: Managua

3. Campei Flegrei, Italia. Kawasan terdampak: Napoli

4. Gunung Aso, Jepang. Kawasan terdampak: Kumamoto, Nagasaki.

5. Trans Mexico Volcanic Belt, Meksiko. Kawasan terdampak: Mexico City, Pueblo, Toluca

6. Gunung Agung, Indonesia. Kawasan terdampak: Bali

7. Mount Cameroon , Kamerun. Kawasan terdampak: Buea, Douala

8. Taal, Filipina. Kawasan terdampak: Manila

9. Mayon, Filipina. Kawasan terdampak: Legazpi

10. Gunung Kelud, Indonesia. Kawasan terdampak: Malang. [aw/Phys.org)

Sumber : Suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.