Darul Ummah institute menyelenggarakan Kajian Al Hikam seasion 8

0
129

Cianjur, beritalangitan.com. Darul Ummah Institute di bawah naungan Yayasan beritalangitan Islamic Netwok (BIsNet Foundation ), kembali menyelenggarakan Kajian kitab Al Hikam pasal 8. Seperti bulan lalu, penyelenggaran masih diselenggarakan di Masjid Assalafiyyah, Pacet, Cianjur, 8/04/2018.

Hadir pada kegiatan ini, para pengurus BIsNet dari berbagai daerah, DKM Assalafiyyah, komunitas Santri on the streets, dan warga sekitar mesjid.

Pada teks terjemahan dari kitab Al Hikam karya ibn ‘Atha’illah As Sakandari tertulis :
Amal, Berserah Diri dan Ma’rifat
Ketika Allah membuka pintu perkenalan.

إِذَا فَتَحَ لَـكَ وِجْهَةً مِنَ التَّعَرُّفِ فَلاَ تُبــَالِ مَعَهَا أِنْ قَلَّ عَمَلُكَ فَإِنَّـهُ مَا فَـتَـحَهَا لَكَ إِلاَّ وَهُوَ يُرِ يْدُ أَنْ يَـتَـعَرَّفَ إِلَيكَ. أَلَمْ تَـعْلَمْ أَنَّ الـتَّــعَرُّفَ هُوَ مُوْرِدُهُ عَلَيْكَ، وَاْلأَعْمَالُ أَنْتَ مُــهْدِ يْــهَا إِلَـيْهِ، وَأَيــْنَ مَا تُــهْدِ يْهِ إِلَـيْهِ مِمَّا هُـوَ مُوْرِدُهُ عَلَـيْكَ

“Ketika Dia membukakan bagimu (suatu) Wajah Pengenalan, maka jangan engkau sandingkan (hadirnya) pengenalan itu dengan sedikitnya amal-amalmu; karena sesungguhnya Dia tidak membukakan pengenalan itu bagimu kecuali (bahwa) Dia semata-mata menginginkan untuk memperkenalkan (Diri-Nya) kepadamu.
Tidakkah engkau mengetahui bahwa sesungguhnya (suatu) pengenalan itu (semata-mata) Dia yang menginginkannya atasmu, sedangkan amal-amal itu (semata-mata) suatu hadiah dari engkau kepada-Nya; maka tidaklah sebanding antara apa-apa yang engkau hadiahkan kepada-Nya dengan apa-apa yang Dia inginkan untukmu.”

Dalam penjelasannya Kyai Din Syafrudin menyampaikan, jika ucapan manusia ingin sampai kepada Allah harus menggunakan bahasa yang suci, dan harus dengan hati. Hal tersebut tergambar dalam pelaksanaan sholat.

Pintu rahmat Allah tidak akan terbuka selama hati manusia kotor. Allah mempunyai kewenangan untuk mengenalkan sifat dan asmanya kepada makhluk yang dikehendakinya, secara sebagian – sebagian atau tidak seutuhnya. Dan Allah akan mengenalkan dzatnya secara utuh di akhirat kelak.

Untuk itu, kita sebagai manusia beriman sudah semestinya senantiasa membersihkan hati  dan ketauhidan kita, pesannya.

Dalam sambutannya, Pimpinan BIsNet foundation Dedi Ahmad Husna, menyampaikan bahwa seorang yang tersibgoh oleh Islam, akan tercermin baik dalam sikap, perbuatan maupun ucapan.

Pengajian kitab tauhid dalam hal ini Al Hikam dimaksudkan supaya dapat memperbaiki amalan hati. Sehingga dapat menyerpunakan seluruh amalan kita.

Untuk pengajian bulan depan, diharapkan dapat diselenggarakan di pesantren Darul Ummah,  yang pada saat ini masih dalam proses pembenahan, tutupnya.

Kegiatan ini di tutup dengan acara penyerahan majalah Suara Ulama kepada perwakilan wakif Pembangunan Pesantren Darul Ummah.

Team beritalangintan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.