Dukung Arab Saudi, Qatar tarik duta besar dari Iran

0
756
Sengketa Arab Saudi dengan Iran dipicu oleh eksekusi Nimr al-Nimr oleh Saudi.

Beritalangitan.com – Langkah ini menyusul Kuwait, Bahrain, Sudan, dan Djibouti yang sudah memutus maupun mengurangi hubungan diplomatiknya dengan Iran, terkait eksekusi ulama Syiah, Nimr al-Nimr, oleh pemerintah Saudi.

Setelah eksekusi atas Nimr al-Nimr, sejumlah warga Iran menyerang dan membakar kantor kedutaan besar Arab Saudi di Teheran, yang ditanggapi Saudi dalam bentuk pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran.

Qatar di masa lalu memiliki hubungan yang buruk dengan Saudi namun membaik dalam beberapa tahun belakangan. Keduanya juga mendukung kelompok pemberontak Suriah yang menentang Presiden Bashar al-Assad.

Sementara itu media Iran melaporkan semua 54 diplomatnya bersama keluarga mereka sudah kembali ke Iran, Rabu 6 Januari.

Kedubes Arab Saudi di Teheran
Warga Iran menyerang dan membakar kantor kedubes Arab Saudi di ibu kota Teheran.

Eksekusi atas Nimr al-Nimr memicu reaksi internasional dan hingga Rabu masih berlangsung unjuk rasa umat Syiah di beberapa negara menyatakan penentangan atas Saudi.

Menteri Luar Negeri Irak, Ibrahim al-Jaffari, menyatakan bahwa negaranya siap menjadi penengah dalam ketegangan antara Iran dan Saudi.

Sedang Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan, menegaskan eksekusi di Arab Saudi merupakan urusan dalam negeri. (jm/bbc.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.