Erdogan Tunjuk Dubes Israel yang Baru

0
415

TURKI 19/11 (beritalangitan.com ) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menunjuk duta besar baru untuk Israel, merespon langkah sama Israel sehari sebelumnya.

Turki dan Israel mengatakan pada Juni mereka akan memperbaiki hubungan – sebuah penyesuaian yang didorong oleh prospek menguntungkan dari kesepakatan gas serta ketakutan yang sama atas resiko keamanan di Timur Tengah, demikian kutip Anadolu Agency (AA), Jumat (18/11/2016).

“Kami menunjuk duta besar untuk Israel Kemal Okem, penasihat hubungan luar negeri perdana menteri kami,” Erdogan mengatakan dalam konferensi pers di Ankara sebelum pergi untuk melakukan kunjungan resmi ke Pakistan.

Kemarin, juru bicara Kementrian Luar Negeri Israel Eitan Na’eh, yang saat ini merupakan wakil duta besar di London, telah ditunjuk menjadi duta besar untuk Ankara. Belum diumumkan kapan dia akan menempati posisinya.

Hubungan Turki-Israel putus pada tahun 2010 ketika 10 aktivis Turki pro-Palestina  dibunuh oleh komando Israel karena memasuki wilayah perairan Palestina yang diblokade oleh Israel. Para tentara penjajah menyerbu kapal mereka, Navi Marmara.

Israel setuju untuk membayar kompensasi 20 juta dollar kepada keluarga mereka yang dibunuh. Tawaran yang ditolak mentah-mentah oleh keluarga korban. (Hidayatullah.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.