Hagia Sophia kembali menjadi masjid, Siap Gelar Salat Jumat Pertama

0
158

Pemerintah Turki mengumumkan akan menyelenggarakan salat Jumat berjamaah di Hagia Sophia pada 24 Juli 2020. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Jumat (10/7), setelah sebelumnya mengumumkan perubahan fungsi Hagia Sophia dari museum ke masjid.

“Saya mengundang semua orang untuk menghormati keputusan yang diambil pengadilan dan badan-badan eksekutif lainnya di negara ini terhadap Hagia Sophia,” kata Erdogan, seperti dikutip dari aa.com.tr melalui Republika.

Setelah 85 tahun, fungsi Hagia Sophia yang sebelumnya museum kembali menjadi masjid. Presiden Erdogan mengatakan pintu Hagia Sophia akan terbuka bagi masyarakat Turki, WNA, umat Islam dan non-muslim.

“Saya garis bawahi, kami akan membuka Hagia Sophia sebagai sebuah masjid dengan melestarikan warisan budaya bersama kemanusiaan ini,” kata Erdogan.

Dia menekankan adalah hak Turki terhadap Hagia Sophia, yang tetap akan diingat sebagai museum. Hagia Sophia selama berabad-abad digunakan sebagai gereja di kekaisaran Byzantine hingga pada 1453 diubah menjadi sebuah masjid setelah Istanbul ditaklukkan oleh Sultan Mehmet II. (ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.