Harga Beras terus Meroket

0
145

beritalangitan.com,  Akhir – akhir ini masyarakat mengeluhkan  soal kenaikan harga beras. Harga beras dari hari kehari terus naik. Di pasar induk harga beras jenis medium menyentuh harga Rp.11.000 10/1/2018.

Guru besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Dwi Andreas Santosa, memprediksikan bahwa kenaikan mencapai 25%.
Dwi memperkirakan gejolak harga beras akan terjadi sampai awal Maret, dan meminta agar pemerintah segera mengantisipasinya.

“Ini jadi warning bersama perlu tindakan yang intensif itu untuk meredam, kalau tidak dilakukan dikhawatirkan akan terjadi panic buying sehingga menyebabkan harga lebih tinggu, dan kondisi ini diperkirakan akan terjadi sampai Februari atau Maret,” jelas Dwi.

Dia menyebutkan musim panen dimulai pada akhir Januari atau Februari dan membutuhkan proses sebelum beras mencapai pasar kemudian ke konsumen.

“Jadi yang perlu dilakukan adalah menambah stok atau menambah paling tidak untuk sekitar Februari, ya sumbernya hanya dua dari dalam negeri atau impor,” jelas Dwi.

Diperkirakan kurangnya pasokan beras ke pasar akibat menurunnya produksi di tahun lalu. Adapun penurunan produksi disebabkan berbagai gangguan hama antara lain wereng batang coklat tambahnya.

Salah seorang petani mengungkapkan, bahwa kenaikan harga beras pada saat ini di sebabkan kegagalan panen di daerah-daerah yang menjadi lumbung beras, yang akhirnya berdampak ketersedian beras berkurang.

Menurutnya, beralih fungsi area Persawahan menjadi bangunan rumah dan lainnya pun ikut menjadi penyebab berkurangnya ketersediaan beras.

Reporter : Sopian Parid

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.