Harta 4 Miliarder RI Ini Setara dengan 100 Juta Orang Miskin

0
470

R. Budi & Michael Hartono

JAKARTA, 24/2 (beritalangitan.com) – Lembaga pemerhati sosial ekonomi Oxfam Internasional mengungkapkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling tinggi ketimpangan antara si kaya dan si miskin. Bahkan, saat ini, ada empat orang super kaya yang kekayaannya setara dengan 100 juta penduduk miskin di Indonesia.

Dilansir dari theguardian, Kamis 23 Januari 2017, catatan Oxfam, saat ini, miliuner di Indonesia meningkat dari satu pada 2002 menjadi 20 pada 2016. Dan, dipimpin oleh Budi dan Michael Hartono.

Berdasarkan data Oxfam, Hartono bersaudara itu mengontrol US$25 miliar aset empat orang superkaya Indonesia itu. Nilainya kira-kira setara dengan 40 persen dari 250 juta pendduk di Indonesia.

“Sejak 2000, pertumbuhan ekonomi terus terdorong dari ekonomi domestik Indonesia. Namun, manfaat dari pertumbuhan ekonomi itu belum dibagi rata,” ujar Oxfam dalam laporannya.

Juru bicara Oxfam di Indonesia Dini Widiastuti mengatakan, ketimpangan di Indonesia mencapai tingkat krisis.

“Jika dibiarkan, kesenjangan besar antara kaya dan miskin dapat merusak memerangi kemiskinan, memperburuk instabilitas sosial, dan menempatkan rem pada pertumbuhan ekonomi,” ujarnya. (viva)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.