Hikam Season 9 Bisnet, kaji Amal Ahwal dan Warid

0
184

Sukabumi beritalangitan.com –  dalah satu agenda rutin Bisnet Foundation yang terus bergulir adalah kajian Al-Hikam bersama KH.Didin Syafrudin yang hingga berita ini diturunkan menginjak pasal 9.

Yang berbeda adalah Tempat penyelenggaran Hikam kali ini yang yang sebelumnya digelar di Mesjid Assalafiyah Pacet Cipanas kini diselenggarakan di mesjid Daarut Taqwa kompleks Toserba Selamat Kota Sukabumi Ahad 06/05/18.

Hikam pasal 9 kali ini mengupas tentang amal, Ahwal, dan Warid. KH.Didin Syafrudin mengupas bahwa manusia jangannsekali sekali mengukur kedalaman agama dengan logika. Meski banyak hal dalam agama yang sangat mudah diterima logika.

Keimanan menurut Kyai merupakan Subjektivitas yang hanya akan diterima oleh hati dan amalan yang murni semata mencintai Alloh. Dan hati senantiasa memiliki kecenderungan terhadap ibadah.

Oleh sebab itu logika bukan sebuah alat ukur yang bisa memanifestasikan agama. Tetapi logika bisa digunakan untuk mensiasati menghadapi tantangan dan kesulitan demi memenangkan agama.

KH.Didin Syafrudin menggambarkan kisah Uwais Al Qarni seorang bangsa yaman yang hidup semasa Rasulullah dan semasa hidupnya tidak pernah berjumpa dengan Rasul. Namun karena keshalehannya Rasul mengatakan pada para Sahabat agar memintakan istighfar darinya. Inilah gambaran keshalehan yang tembus hingga ke langit meski ia tidak dikenal dikalangan manusia.

Selanjutnya pimpinan Bisnet Foundation Dedi Ahmad Husna mengatakan ibadah apapun yang dilakukan anggota badan tanpa melibatkan hati akan bimasa. Oleh sebab itu Tassauf merupakan salah satu ilmu yang mengajarkan amalan hati yang harus difahami oleh manusia saat ini.

Kemudian amalan tidak bisa lepas dari amaliah atau melibatkan harta dalam peribadahannya. Karena tanpa itu maka tidak akan lengkap amalan seseorang. Dan jika kesemuanya antara hati, amal jasadiyah dan maliyah dengan harta maka akan mencapai nilai jihad fiisabililah.

Dalam kesempatan tersebut di berikan sejumlah penghargaaan oleh Bisnet Foundation kepada sejumlah Aghnia yang telah membantu program program Bisnet seperti Majelis ta’lim Al-khoiriyah al-Husna Cimahpar, Majelis ta’lim Annur Kebon Jati, serta kepada Hj. Yani Marwan Jatnika, dan Disdukcapil Kota Sukabumi, dan Bp Jamal Restaurant seafood 91 Sukabumi

Team beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.