Hubungan dengan China memanas India borong puluhan jet temur Rusia

0
198
Foto: Jet tempur MIG-29 Cooper buatan Rusia [foto: Sbap.be]

New Delhi beritalangitan.com – Kementerian Pertahanan India menandatangani pembelian 33 jet tempur dari Rusia serta upgrade 59 jet milik India lainnya senilai USD 2,4 miliar atau setara Rp34.6 seperti dilansir Kiblat Net (03/07/2020).

Diketahui, India kini tengan bersitegang dengan tetangganya, Cina. Beberapa waktu lalu, tentara kedua negara tersebut juga sempat terlibat baku tembak di perbatasan hingga menimbulkan puluhan korban jiwa.

Kementerian Pertahanan India mengatakan bahwa pembelian 21 jet tempur tipe MiG-29 dan 12 tipe Su-30MKI, serta upgrade ke 59 MiG-29 lainnya bertujuan untuk menambah squadron tempur Angkatan Udara India.

Kementerian Pertahanan India juga menyatakan telah menyetujui pengembangan sistem rudal lokal untuk ketiga cabang militer, amunisi dan peningkatan kendaraan tempur infanteri untuk tentara.

“(Langkah peningkatan kemampuan pertahanan India diambil karena) kebutuhan untuk memperkuat angkatan bersenjata untuk melindungi perbatasan kita,”ujar Kementerian Pertahanan India dalam pernyataanya.

Rusia merupakan sekutu India di Perang Dingin dan hingga kini masih menjadi pemasok senjata terbesar India.

Pada tahun 2018, kedua negara tersebut juga menandatangani perjanjian untuk penyediaan sistem rudal S-400 Rusia dalam kesepakatan senilai USD 5,4 miliar. Kesepakatan ini tetap berjalan meski ada ancaman sanksi dari Amerika Serikat.

India juga sedang menunggu kedatangan 36 jet tempur Rafale yang dipesan sebagai bagian dari kesepakatan senilai USD  8,78 miliar yang ditandatangani dengan Prancis pada 2016 lalu. 36 jet tersebut dipesan dalam kondisi ‘siap terbang’, yang berarti jet tersebut akan dibuadit  Prancis lalu kemudian dikirimkan ke India.

New Delhi mengharapkan empat hingga enam pesawat Rafale tiba di India pada akhir bulan ini.

Sumber: Aljazeera

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.