IEPSH Sebut Persoalan Bangsa Saat Ini Ada di Kepemimpinan

0
972

Jakarta, 05/01 (Beritalangitan.com) – Direktur Institut Ekonomi Politik Soekarno Hatta (IEPSH), M. Hatta Taliwang menyatakan bahwa persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia ialah masalah sistem dan kepemimpinan. Hatta pun memberikan resep agar sistem dan kepemimpinan ideal dapat diraih.

Misalnya saja menurutnya saling mempunyai kesadaran bahwa di antara ilmu yang satu dengan yang lain mempunyai satu kesatuan. Artinya ilmu (disiplin) dapat menjadi solusi persoalan pemimpin ini dengan saling berkoordinasi.

“Artinya untuk atasi masalah bangsa mestilah ada kesadaran bersama bahwa ada saling ketergantungan antara satu disiplin ilmu dengan ilmu lainnya. Ini sesuatu yang mudah dikatakan tapi tidak mudah diimplementasikan,” katanya, melalui pesan singkat dalam grup media.

Menurut Hatta jika ada yang mengenyampingkan sistem atau sebaliknya kepemimpinan bukan merupakan unsur penunjang satu sama lain, maka akan menghasilkan institusi yang kacau. Selain itu hubungan antar oknum pejabat pun akan semraut.

“Padahal belasan tahun reformasi telah membuktikan banyak masalah ekonomi, politik, hukum dan lain-lainnya makin buruk performance-nya. Hubungan antar institusi kacau balau. Hubungan antar oknum pejabat makin kusut.” Selalu ada yg berpendapat tidak penting sistem, yang penting Pemimpin. Maka mereka mendewakan pemimpin. Tak peduli kualitas pemimpinnya. Tak peduli proses dan cara kelahiran pemimpin. Tak peduli prestasi dan realitas kepemimpinannya.

“Sehingga makin terasa urgensi membahas arsitektur kenegaraan agar penyelesaian masalah bangsa bisa komprehensif.”

Dengan kata lain bahasan masalah sistem kenegaraan ini menurutnya semakin mendesak. (jm/voa-islam.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.