Ikatan Dokter Indonesia ini Cara Cegah Virus Corona

0
232

Jakarta, beritalangitan.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) himbau masyarakat tidak panik dalam menghadapi wabah Virus Corona yang berawal dari Kota Wuhan, China yang kini menyebar ke sejumlah negara. Namun demikian, masyarakat harus tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas agar segera mencari pertolongan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat.

Selain itu, IDI juga meminta masyarakat melakukan dan meningkatkan gaya hidup sehat seperti, menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi publik. Caranya dengan mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. ”Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan sanitizer alkohol 70-80%,” kata Ketua Umum IDI Daeng M Faqih dalam keterangan tertulisnya, seperti yang dilansir dalam seputar Indonesia news Minggu (26/1/2020).

Langkah lainnya yaitu menghindari mengusap mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan, menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk, menggunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika memiliki gejala saluran napas.

Bagi yang sedang sakit juga dianjurkan untuk istirahat cukup, menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah dan sayur minimal 3 kali perhari dan makan makanan bergizi. “Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit infeksi saluran napas, sering mencuci tangan, khususnya setelah kontak dengan pasien dan lingkungannya. Hindari menyentuh hewan atau unggas atau hewan liar wild animal)”, katanya.

Rian Sagita

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.