Ilham dan Risma Kusuma Kader – kader Ponpes Manarul Huda yang “siap membuat perubahan di masyarakat”

0
2438
Ilham ( wakil Rois ponpes Manarul Huda limbangan Garut )

Beritalangitan.comBerkunjung ke Pondok Pesantren Manarul Huda di Kec.Limbangan Kab. Garut, Team beritalangitan.com berkesempatan berbincang dengan santri Manarul Huda. Ilham salah seorang santri disana yang saat ini  menjadi wakil Rois di pesantrennya. Ilham Sudah menjadi santri Pondok Pesantren Manarul Huda dari tahun 2008. Berasal dari keluarga sederhana didaerah Dago Kota Bandung, Ilham datang ke Pesantren Manarul Huda dengan semangat ingin memperdalam ilmu Islam.

Ada sisi menarik dari kehidupan masa lalu Ilham, dirinya sempat terjerumus kedalam kehidupan anak nakal sampai pernah masuk dalam dinginnya jeruji  besi akibat tindakan kenakalannnya, akan tetapi dibalik peristiwa itu ada hikmah yang dapat diambil oleh Ilham yaitu lewat pembimbing keagamaan dari Rutan, dirinya mulai tertarik untuk mendalami ilmu Islam secara serius, yang sampai akhirnya setelah keluar dari Rutan, Ilham menuntut ilmu di Pesantren Manarul Huda dibawah asuhan KH. Didi Abdul Hadi M.A

Suka dan duka banyak dilalui oleh Ilham, sukanya menjadi banyak teman dan banyak saudara baru, dukanya adalah jauh dari orang tua”, tuturnya.

Berbagai hambatan selama belajar dipondok pesantren Manarul Huda Ilham hadapi dengan sikap qonaah, sabar dan yakin kepada Allah swt agar cita-cita besarnya untuk menjadi penerus para ulama bisa terwujud. Hambatan terbesar yang Ilham dan kawan – kawannya rasakan adalah keterbatasan bekal, banyak teman – teman satu angkatan dengannya sudah berguguran ditengan jalan karena alasan hambatan itu.

Harapan Ilham selepas menuntut ilmu dari pesantren Manarul Huda ini adalah ingin kembali ke kampung halamannya di Dago Bandung, Ilham ingin mengembangkan dakwah Islam dikampung halamannya dan mengajak masyarakat disekitarnya hidup bernuansa seperti dipesantren.

Selain Ilham, team juga berbincang dengan santri lainnya, yaitu Risma Kusuma. Risma merupakan ketua Rois Ponpes Manarul Huda Limbangan saat ini, Risma Kusuma berasal dari Dusun Landeuh Kecamatan Cipaku Kab.Ciamis. Risma sudah 9 tahun menuntut ilmu di pesantren Manarul Huda.

Risma Kusuma ( ketua Rois ponpes Manarul Huda )
Risma Kusuma ( ketua Rois ponpes Manarul Huda )

Tidak berbeda jauh dengan Ilham, cita – cita Risma Kusuma adalah ingin menjadi pelanjut para ulama, ia pun memiliki harapan ingin mengembangkan islam dikampung halamannya. Risma ingin mengajak masyarakat untuk solat tepat waktu dan memberi contoh sikap yang baik kepada masyarakat. (team beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.